Mengapa Album Solo G-Dragon Dirilis dalam Format USB Flash Disk?

Kompas.com - 16/06/2017, 12:14 WIB
|
EditorAti Kamil

SEOUL, KOMPAS.com -- Pihak agensi YG Entertainment mengungkapkan alasan mereka merilis album solo G-Dragon "BIGBANG", Kwon Ji Yong, dalam USB flash disk.

Untuk diketahui, format album ini menuai perdebatan karena Gaon Chart, tangga lagu di Korea Selatan, menolak karya tersebut dimasukkan dalam kategori album.

Baca juga: Album Terbaru G-Dragon ?BIGBANG? Ditolak Tangga Lagu Ini di Korea

Diberitakan oleh Soompi, pihak YG Entertainment menjelaskan bahwa mereka ingin membagikan lebih banyak konten daripada yang bisa mereka lakukan dengan format CD.

CD biasanya memiliki kapasitas 700 MB saja, sementara USB flash disk yang digunakan untuk album solo G-Dragon berkapasitas 4 GB.

"Ketika menghubungkan USB ke komputer, Anda bisa mengakses beberapa situs. Di situs itu Anda tak hanya bisa mengakses musik, tapi juga berbagai gambar dan video musik," ujar pihak YG Entertainment.

"Konten tambahan itu dibuat YG Entertainent sampai akhir tahun ini. Anda bisa mengunggah konten tersebut dan menaruhnya di USB," ujar pihak yang sama lagi.

Baca juga: Album Solo G-Dragon Tuai Perdebatan, Ini Kata YG Entertainment

Mereka juga menekankan bahwa konten tambahan itu hanya tersedia di beberapa website saja, yang mana hanya bisa diakses setelah membeli USB tersebut.

Baca juga: G-Dragon Kembali Tembus Billboard 200

Mengenai inovasi itu, pihak YG Entertainemnt menerangkan, "Para konsumen tidak bisa menambah atau menghapus musik dalam bentuk CD musik yang dijual. Namun, album USB milik G-Dragon ini tidak hanya bisa digunakan sekali saja, tapi ada hal revolusioner yang memungkinkan layanan konten dalam jangka panjang."

"Album ini memungkinkan konsumen untuk menambah dan menghapus konten sesuai keinginan mereka. Tidak ada banyak orang di dunia ini yang menggunakan pemutar CD untuk mendengarkan musik lagi," terang mereka lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber soompi.com

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.