Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Albumnya Ditolak Masuk "Chart", G-Dragon Tanggapi lewat Media Sosial

Kompas.com - 16/06/2017, 13:19 WIB
|
EditorAti Kamil

SEOUL, KOMPAS.com -- Salah satu personel boyband BIGBANG, G-Dragon, baru saja merilis album solonya yang bertajuk Kwon Ji Yong.

Album ini menuai pro dan kontra dalam industri musik karena dikemas dalam format USB flash disk, bukan CD sebagaimana kebanyakan album.

Ada yang menganggap bahwa album dalam format USB flash disk ini tak bisa dikategorikan sebagai album sehingga tidak bisa disertakan dalam tangga musik di Korea Selatan.

Baca juga: Album Terbaru G-Dragon ?BIGBANG? Ditolak Tangga Lagu Ini di Korea

G-Dragon menanggapinya melalui Instagram-nya.

"Apa masalahnya? Apa itu, jika seseorang yang tidak kamu kenal memutuskan bahwa karya seorang artis adalah 'sebuah album' atau 'bukan sebuah album'? Ini lagu-lagu yang bisa saya tampilkan kepada dunia setelah pemikiran dan diskusi yang panjang," tulis G-Dragon.

"Setiap saat saya bisa memegang album baru yang masih dibungkus plastik, rasanya seperti mimpi. Entah bentuknya vinyl, tape, CD, USB, bukan itu yang paling penting. Yang paling penting bukanlah kemasan luarnya atau desainnya yang atraktif, melainkan musiknya, yang bisa didengarkan oleh siapa saja, di mana saja, di mana suara saya direkam menjadi lagu-lagu saya," tulis pemuda kelahiran Seoul, Korea Selatan, 18 Agustus 1988, ini lagi.

Baca juga: Album Solo G-Dragon Tuai Perdebatan, Ini Kata YG Entertainment

Pelantun "Good Boy" ini juga menekankan bahwa musik atau lagu yang ada seharusnya bisa dinikmati melalui berbagai indera. Tak peduli dalam format apa, yang penting lagu tersebut bisa dikenang selamanya di hati.

"Melalui telingamu, matamu, tanganmu, bibirmu. Untuk dikenang selamanya di hati kita, sesuatu yang tak berubah seiring berjalannya waktu," tulisnya.

"Lagu, meski bisa saja pendek, itu bisa ditulis ke dalam lembaran hidup kita. Melodi dan lirik yang bagus adalah segalanya. Hal-hal selain itu tidaklah penting," tulisnya lagi.

Diberitakan sebelumnya, Gaon Chart, yang popularitasnya sama seperti Billboard Chart di AS, menolak menerima album Kwon Ji Young. Mereka mengumumkan bahwa mereka tidak akan menyertakan album G-Dragon dalam penghitungan penjualan album.

Baca juga: G-Dragon Kembali Tembus Billboard 200

Gaon Chart mengklaim bahwa album dalam format USB flash disk itu bukanlah album, karena tidak berisi lagu-lagu, tetapi hanya berisi link dari mana para penggemar bisa mengunduh lagu-lagu tersebut dengan memasukkan key code spesial.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber soompi.com
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+