Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Tiru Semangat Berkarya Kahitna

Kompas.com - 06/07/2017, 23:08 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung memberi sanjungan kepada grup band Kahitna. Menurutnya, Kahitna salah satu band Indonesia yang paling menginspirasi.

Selama 31 tahun berkarier di industri musik Indonesia, kata Ridwan, menjadi bukti bahwa manajemen yang baik akan menjaga eksistensi.

"Kalau cari band inspiratif yang komplit ceklis positifnya ya ada di Kahitna. 31 tahun itu untuk ukuran band dan komunitas kreatif itu umur yang sangat panjang mungkin bisa rekor muri. Pesannya sederhana jika manajemen baik dan orang yang terlibat berkomitmen pada bidang yang dicintainya hasilnya seperti ini (Kahitna) rezeki mengalir lagunya abadi, fans makin mencintai," ujar Ridwan di Balaikota Bandung, Kamis (6/7/2017).

Pria yang akrab disapa Emil itu ingin meniru semangat dan konsistensi Kahitna di dunia industri kreatif.

Ia pun berinovasi membuat pusat kegiatan industri kreatif yang diberi nama Bandung Creative Center. Ia berharap di tempat tersebut lahir komunitas hebat yang bisa mengikuti prestasi Kahitna.

"Bandung khususnya ingin melahirkan semangat Kahitna di generasi baru, karena tiap zaman punya cara sendiri. Dulu negara tidak turun, sekarang setelah saya jadi Wali Kota maka negara turun maka kita menyiapkan Bandung Creative Center," ungkapnya.

[Baca juga: Kahitna Hibur Ribuan PNS Kota Bandung]

 

Bangunan yang terletak di Jalan Laswi tersebut akan dilengkapi aneka ruangan bagi komunitas kreatif, salah satunya studio musik dengan fasilitas peralatan rekaman canggih.

"Jadi, seniman yang kebingungan tidak punya uang bisa digratiskan dengan fasilitas teknologi tercanggih. Sekarang dikelola Capung Java Jive. Orang Bandung mah tinggal datang, mengkhayal, berkreasi kalau urusan kurang duit kurang teknologi itu tugas negara," ungkapnya.

Emil menilai, salah satu keunggulan masyarakat Bandung yakni kreativitas tanpa batas. Namun, minimnya sarana membuat banyak potensi yang tak terangkat.

Terlebih, kata Emil, pemerintah masih belum memberikan perhatian maksimal bagi komunitas kreatif di Bandung.

"Pemimpin yang dulu tidak turun karena tidak paham potensi ekonomi kreatif, saya sangat paham karena kekuatan orang Bandung itu terletak pada kreativitasnya," ucap Emil. 

[Baca juga: Kahitna Bangga Dikenal Sebagai Band Asal Bandung]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com