Jadi Tersangka Pencemaran Nama Baik, Mengapa Komika Acho Tak Ditahan?

Kompas.com - 07/08/2017, 17:06 WIB
Komika Acho yang sedang terjerat kasus dugaan pencemaran nama baik usai menyambangi Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat, Senin (7/8/2017). KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGKomika Acho yang sedang terjerat kasus dugaan pencemaran nama baik usai menyambangi Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat, Senin (7/8/2017).
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Komika dan artis peran Muhadkly MT alias Acho hari ini telah menjalani pemeriksaan verifikasi di Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Pusat atas pelimpahan berkas perkara dugaan pencemaran nama baik yang menjeratnya.

Perlu diketahui bahwa Acho saat ini berstatus tersangka usai dilaporkan oleh pengelola Apartemen Green Pramuka akibat mengeluhkan pengelolaan apartemen tersebut lewat blog pribadinya, muhadkly.com, tertanggal 8 Maret 2015.

Walaupun begitu, kejaksaan maupun kepolisian tak melakukan penahanan terhadap Acho. Mengapa?

"Pihak kejaksaan sangat bijak menanggapi kasus ini. Kasus ini secara pokok perkara (ancaman hukumannya) di bawah lima tahun, jadi enggak ada kewajiban untuk menahan saya. Selama penyelidikan, saya koorperatif," ucap Acho di Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Pusat, Senin (7/8/2017).

"Ini alhamdulillah langkah awal yang bagus. Karena setidaknya proses hukum berjalan semestinya. Tinggal tunggu kelanjutannya. Kalau sidang yah sidang, saya akan koorperatif apa yang dianjurkan kejaksaan," tambahnya.

Ditemui terpisah, Kepala Kejari Jakarta Pusat, Didik Istianta, menjelaskan alasan Acho tak ditahan. Sebab, berdasarkan revisi Undang Undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), terlapor tak wajib langsung ditahan.

"Status tidak ditahan karena pasalnya tidak dapat ditahan. Alasannya (bunyi) pasalnya enggak mungkin ditahan. Jadi jaksa penuntut umum akan pelajari perkara ini untuk menentukan sikap dapat atau tidaknya dilimpahkan ke pengadilan," ujar Didik.

Kasus ini bermula pada 8 Maret 2015 lalu, ketika Acho menuliskan kekecewaannya tentang pengelolaan Apartemen Green Pramuka dalam blog pribadinya. Sebagai informasi, Acho adalah salah satu penghuni di apartemen itu.

Tak terima dengan keluhan Acho, pihak Apartemen Green Pramuka melalui kuasa hukumnya, Danang Suryawinata, melaporkan Acho ke Polda Metro Jaya atas tuduhan pencemaran nama baik pada 5 November 2015.

Dua tahun kemudian, tepatnya 26 April 2017, Subdit Cyber Crime Polda memanggil Acho untuk diperiksa berkait laporan tersebut.

Kemudian pada 9 Juni, pemain film Surga yang Tak Dirindukan itu diperiksa sebagai tersangka. Lalu berkas perkara kasus tersebut dinyatakan sudah lengkap atau P21 pada 7 Agustus 2017.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X