Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarah Brightman Bagai Magnet dalam Prambanan Jazz Festival 2017

Kompas.com - 20/08/2017, 13:06 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi soprano Sarah Brightman (57) dari Inggris bagai magnet dalam Prambanan Jazz Festival 2017, yang diadakan di Kompleks Candi Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada malam kedua pergelaran musik itu, Sabtu (20/8/2017).

Sarah Brightman, dari jalur classical crossover, tampil dengan musik orkestra yang dibawanya. Para pemusik orkestra itu, tak kurang dari 20 orang, berjejer di panggung IndiHome Stage dengan latar Candi Prambanan.

Lagu-lagu populer dinyanyikannya dengan indah.

Berbondong-bondong penonton memasuki area IndiHome Stage. Mereka mengisi tempat-tempat duduk dengan kategori-kategori tiket Diamond, Platinum, Gold, dan Silver.

Baca juga: Sarah Brightman Paling Dinanti Prambanan Jazz Festival 2017

Pemilik suara soprano itu, yang mengenakan busana serba putih dan membiarkan rambut panjangnya terurai, melantunkan "Dust in the Wind", lagu milik band Kansas dari album Point of Know Return (1977).

Sebelum melantunkan lagu itu, Sarah mengungkapkan kegembiraannya untuk kali pertama manggung di Indonesia dan mendapat kesempatan tampil di kompleks bersejarah tersebut.

"Saya senang berada di sini. Bisa menghibur Anda dengan pemandangan Candi (Prambanan) yang begitu cantik," ujarnya disambut tepuk tangan beberapa ribu penonton.

Baca juga: Sarah Brightman Akan Berbaur dengan Alam di Prambanan Jazz Festival

Satu per satu lagu berbahasa Inggris dan latin disajikan Sarah Brightman dalam satu jam lebih. Dalam penampilannya tersebut ia juga berduet dengan penyanyi pria bernama Erkan Aki.

Mereka membawakan "Canto Della Terra", lagu Andrea Bocelli dalam album Sogno (1999).

Lagu itu diikuti dengan, antara lain, "It's a Beautiful Day" dan "A Whiter Shade of Pale" (milik Procol Harum yang dirilis pada 1967). Dua nyanyian tersebut ada dalam album La Luna, yang dirilis oleh Sarah pada 2000.

Pertunjukan Sarah Brightman itu ditonton pula oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, dan Mantan Menteri Pedesaan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar.

Prambanan Jazz Festival 2017 atau yang ketiga diadakan selama tiga hari, 18-20 Agustus 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com