Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raffi Ahmad: Saya Taat Bayar Pajak

Kompas.com - 25/08/2017, 16:23 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Raffi Ahmad menyesalkan pemberitaan yang menyebutkan ia telah menunggak pajak mobil mewah. Menurut Raffi, selama ini ia termasuk orang yang taat bayar pajak.

"Media-media yang memberitakan itu jahat banget sih. Cuma yang pasti, semua mobil-mobil saya sudah bayar pajak. Saya enggak pernah enggak bayar pajak," kata Raffi di Gedung Trans, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (25/8/2017).

Soal nama Raffi yang disorot soal pajak mobil mewah tidak lepas dari pengecekan dan sosialisasi yang dilakukan oleh petugas gabungan Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Mereka mendatangi kediaman Raffi Ahmad di Green Andara Residence, Jakarta Selatan, Selasa (22/8/2017).

Dalam penemuannya, petugas mendapatkan dua unit mobil yang terparkir di dekat halaman masjid kompleks perumaham. Dua mobil itu Lamborghini bernomor polisi B 1 AMY yang pajaknya masih berlaku hingga November dan Rolls-Royce berwarna hitam tanpa plat nomor.

[Baca juga: Kata Raffi Ahmad soal Pajak Mobil Mewah Miliknya]

Di luar hasil temuan itu, berdasarkan data BPRD Jakarta dan Polda Metro Jaya, Raffi dan keluarga memiliki 13 kendaraan berbagai jenis.

Kendaraan atas nama Raffi di antaranya adalah Piaggio GTV 250 yang dibeli pada 2009, Honda Scoopy I yang dibeli pada 2010, Ducati Hypermotard D110 (CKD) yang dibeli pada 2012, dan Ducati Superbike 1199 (CKD) yang dibeli pada 2012. Untuk Scoopy dan Piaggio, pajaknya sudah dilunasi.

Sementara itu, atas nama Nagita Slavina, ada Toyota Alphard 2.5 G AT, Honda Scoopy NC11C1C AT, dan Maserati Granturismo yang dibeli pada 2008.

Selain itu, ada pula Suzuki FD 125 XSD atas nama Setiawan, dengan alamat sama dengan Raffi Ahmad.

Adik Raffi, Syahnaz Shaadiqa, juga tercatat memiliki Toyota Fortuner yang dibeli pada 2012 dan pajaknya habis pada 23 April 2017.

[Baca juga: Raffi Ahmad Tak di Rumah Saat Petugas BPRD Tagih Pajak Mobil Mewah]

Ada pula Ducati Diavel (CKD) atas nama Annisa Saadiyah Ifat yang pajaknya habis pada Februari 2017. Kemudian BMW 3181 MT yang pajaknya menunggak sejak 2016, Honda CRV RM3, dan Suzuki FU 150 yang juga habis pajaknya, atas nama Mira Syamsiah.

Ada pula Piaggio GTV 250 atas nama perusahaan, namun beralamat sama dengan Raffi Ahmad yang pajaknya sudah dibayar. Lantas apa jawaban Raffi terkait 13 kendaraan tersebut?

"Silahkan di cek aja (atas nama Raffi sudah bayar pajak). Kan 13 mobil itu ada nama adik saya, mungkin dia telat beberapa bulan, itu punya adik saya," kata Raffi.

"Ini masalah pajak kan ya, dan saya juga mengimbau semuanya kalau masalah pajak ya bayar semua. Saya kerja dari pagi sampai malam, pakai keringat sendiri, saya mau pakai mobilnya, saya bayar pajak, jadi saya enggak pernah takut. Jadi ya itu deh," ujar dia.

Sedangkan untuk Rolls-Royce berwarna hitam tanpa plat nomor, Raffi menegaskan bahwa mobil itu sedang diurus surat-suratnya.

"Kalau yang Lamborghini dan Rolls -Royce itu semua aman pajaknya," kata dia.

"Masalah Rolls-Royce yang plat nomornya enggak ada itu baru beli mobilnya. Dan, itu baru beli, bisa dicek. Pas saya beli sama orang pas pajaknya memang mati, saya justru yang bayarin pajak mobil itu dan sekarang lagi di silang nopol-nya," lanjut dia.

[Baca juga: BPRD Sebut Tunggakan Pajak Mobil Rolls-Royce Raffi Ahmad Sedang Diurus]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com