Livi Zheng Pulang Kampung untuk Bikin Sejumlah Film

Kompas.com - 27/08/2017, 07:00 WIB
Livi Zheng ditemui di Hotel Nam, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (22/7/2017). KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGLivi Zheng ditemui di Hotel Nam, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (22/7/2017).
EditorAti Kamil

WASHINGTON, KOMPAS.com -- Sutradara film Hollywood, AS, dari Indonesia Livi Zheng (28) menggarap sejumlah film di Indonesia untuk mengenalkan budaya Tanah Air. Ada yang sudah selesai, ada yang sedang dikerjakan.

Livi, yang terkenal karena film perdananya, Brush with Danger, antara lain tengah menyiapkan sebuah film yang bertujuan meningkatkan potensi kota kelahirannya, Blitar, Jawa Timur.

Belum lama ini Livi Zheng berada di Blitar untuk menerima dua penghargaan dari Bupati Blitar, drs H Rijanto, M. M.

Dua penghargaan itu adalah Brand Ambassador, sebagai warga Blitar yang berkarier di Hollywood, dan Aryo Blitar Award sebagai sosok paling inspiratif.

"Merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk menerima penghargaan ini. Saya besar di Blitar dan keluarga saya berasal dari Blitar. Blitar memiliki tempat yang sangat spesial di hati saya. Saya selalu rindu orang-orang dari Blitar dan juga makanannya," tutur Livi ketika dihubungi oleh VOA beberapa waktu lalu.

Baca juga: Yayan Ruhian Sebut Livi Zheng Srikandi Indonesia

Livi juga bekerja sama dengan bupati tersebut untuk membuat film yang berkaitan dengan kota tersebut.

"Saya langsung setuju. Blitar menjadi tidak terpisahkan dari sejarah penting lahirnya Indonesia. Bukti peninggalan sejarah telah diketahui, Blitar menjadi tempat persemayaman Raja Anusapati dan Raja Raden Wijaya. Di samping itu, Bapak Proklamator sekaligus Presiden Pertama Indonesia, Soekarno, dimakamkan di sana. Mantan Wapres, Prof Dr H Boediono, M. Ec, juga berasal dari Blitar," kata Livi.

Bagi Livi Zheng, shooting film di Indonesia merupakan sebuah mimpi yang menjadi kenyataan.

Sejak terjun ke industri film, Livi memasukkan unsur-unsur Indonesia ke dalam filmnya.

Contohnya, permainan gamelan yang terdengar dalam adegan pembuka film Brush with Danger, yang masuk dalam daftar film Hollywood yang berpotensi mendapat nominasi Academy Awards atau Piala Oscar 2015.

Baca juga: Brush with Danger Diputar di Tanah Air, Livi Zheng Grogi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.