Zaskia Adya Mecca: Hanung Akan Potong Sendiri Hewan Kurbannya

Kompas.com - 31/08/2017, 22:58 WIB
Artis peran Zaskia Adya Mecca bersama putrinya, Kala Madali Bramantyo saat berpose di gedung Trans, Tendean, Jakarta Selatan, Senin (28/8/2017). KOMPAS.com/Dian Reinis KumampungArtis peran Zaskia Adya Mecca bersama putrinya, Kala Madali Bramantyo saat berpose di gedung Trans, Tendean, Jakarta Selatan, Senin (28/8/2017).
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com—Pasangan artis peran Zaskia Adya Mecca dan sutradara Hanung Bramantyo memilih untuk menyembelih sendiri hewan kurbannya tahun ini.

“Idul Adha tahun ini kita mau lebaran di Jogja. Tahun kemarin kan baru pertama kali kita menerapkan, semua hewan kurban tuh harus bapaknya yang motong, anak-anak menyaksikan. Biasanya kan kita tahunya, motong, sudah kelar gitu,” ujarnya saat ditemui di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan, Rabu (30/8/2017).

Hal ini dilakukan sekaligus untuk menerangkan kepada ketiga anaknya, Kana Sybilla Bramantyo, Kala Madali Bramantyo dan Bhai Kaba Bramantyo tentang makna Idul Adha yang sesungguhnya.

“Mengenalkan anak apa sih yang harus di kurbankan, jadi enggak sekedar beli kambing, mereka pilih, terus kambingnya sudah dipotong. Sekarang ngerasain juga sih sedihnya menyembelih kambing,” ucapnya.

“Terus kambingnya yang mereka (anak-anak) pilih harus di potong sama abinya sendiri, biasanya nangis gitu kan, kambingnya, sapinya. Jadi pengalaman itu yang kita akan kenalkan ke anak-anak,” imbuhnya.

[Baca juga: Zaskia Adya Mecca: Mas Hanung Butuh Pemasukan, Harus Hidupi Keluarga]

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara ini dipercaya efektif akan memberikan pelajaran untuk anak-anak tentang makna berkurban.

“Enggak cuma tahu ada Idul Adha, sudah. Tapi kita mengajarkan mereka soal makna. Kan kalau kita lihat selewat gitu, jahat banget gitu, ada sapi dan kambing dipotong. Jangan anak cuma dapat permukaannya aja,” katanya.

“Sapi, kambing pada dipotongin, banyak banget, kayak pembantaian, enggak. Tapi harus mengenalkan maknanya, itu yang enggak mudah,” lanjutnya.

[Baca juga: Zaskia Adya Mecca Hamil Lagi?]

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.