Gara-Gara Dewa Budjana, Dream Theater Bawakan Gundul Gundul Pacul

Kompas.com - 02/10/2017, 10:20 WIB
Gitaris Dewa Budjana bersama keyboardist Dream Theater, Jordan Rudess saat bertemu di Yogyakarta. Dokumen Pribadi Dewa BudjanaGitaris Dewa Budjana bersama keyboardist Dream Theater, Jordan Rudess saat bertemu di Yogyakarta.
|
EditorKistyarini

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Pada konser hari kedua Dream Theater di festival JogjaRockarta, Sabtu (30/9/2017), keyboardist Jordan Rudess, secara mengejutkan membawakan dolanan dari Jawa Tengah, "Gundul Gundul Pacul".

Lalu siapa yang mengajarkan Rudess lagu tersebut?

Rupanya ide membawakan "Gundul Gundul Pacul" itu dicetuskan oleh gitaris kenamaan Indonesia, Dewa Budjana.

Dihubungi Kompas.com, Minggu (1/10/2017), Budjana mengatakan bahwa ia dan Rudess memang berjanji untuk bertemu dan membicarakan proyek musiknya bersama.

"Kepengin main yang beda gitu untuk jadi album yang berbeda. Yang kali ini pengin rekaman dengan dia (Rudess). Terus dia jawab ketemu aja di Yogya daripada ngobrol di email," katanya.

"Pas di Yogya diajak ke kamarnya lama hampir dua jam lebih di kamarnya. Cerita-cerita ngomongin rekaman," imbuhnya.

Dalam pertemuan itu, gitaris band Gigi tersebut memberi saran kepada Rudess untuk membawakan "Gundul Gundul Pacul".

"Terus kalau kamu mau ada part solo piano mainin aja 'Gundul Gundul Pacul'. Dia tanya 'lagunya gimana? Dia ingat, cepet banget dia ingat. Terus dia cuman bilang kamu guarantee enggak penonton nyanyi? Pasti nyanyi, itu lagu tradisional Jawa," ujar Budjana.

Namun Gundul-gundul Pacul tak dibawakan Rudess di hari pertama. Padahal saat itu Budjana tengah menonton konser hingga rampung.

"Hari pertama enggak dibawain kan saya nonton hari pertama. Hari kedua saya harus balik karena harus main sama Glenn," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X