Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kutunggu Kabarmu" Bawa Perubahan Warna Musik Maudy Ayunda

Kompas.com - 14/10/2017, 16:04 WIB
Irfan Maullana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah merilis album Panggil Aku… (2011) dan Moments (2015), kini penyanyi Maudy Ayunda siap meluncurkan single terbarunya yang berjudul "Kutunggu Kabarmu".

Single yang dicipta oleh Maudy Ayunda bersama musisi Ifa Fachir ini berbeda dari karya sebelumnya. Pada lagu ini, musik Maudy terdengar lebih urban dengan sentuhan musik tropical yang upbeat.

Dalam siaran pers Sabtu (14/10/2017) dijelaskan bahwa lagu yang menjadi pembuka untuk album ketiga Maudy ini tidak dipilih sembarangan. Melalui proses hearing yang dilakukan bersama beberapa music director dari radio-radio di Jakarta dan Bandung, lagu "Kutunggu Kabarmu" berhasil mendapatkan rekomendasi terpopuler.

Banyak dari mereka menyatakan bahwa single ini cocok untuk menggambarkan transformasi musik perempuan bernama lahir Ayunda Faza Maudya itu, dari yang biasa membawakan lagu ballad menjadi lagu-lagu pop yang upbeat.

Dalam lagu ini, Maudy ingin menampilkan situasi hubungan yang membingungkan.

[Baca juga: 8 Fakta Kekasih Maudy Ayunda]

"Aku pengin nulis lagu yang menggambarkan situasi sebuah hubungan yang dua-duanya habis berantem dan keduanya lagi enggak ngomong. Dan keduanya bahkan udah lupa alasan mereka berantem. Namun, keduanya sama-sama gengsi untuk saling ngabarin. Menurut aku sih, dalam hubungan, ini fase yang lagi lucu-lucunya, dua-duanya sama-sama tarik ulur dalam hubungan," kata Maudy.

Lewat single ini, Maudy ingin memperlihatkan sisi yang light dan fun saat menunggu.

"Menceritakan tentang perasaan menunggu tidak selalu bernuansa mellow. Dalam lagu ini akan ada sedikit sentuhan urban di musiknya. Sedikit nuansa electronik yang fun namun tetap ada alunan gitar akustik yang ringan," tambah penyanyi yang juga lulusan P.P.E dari Universitas Oxford ini.

Untuk proses kreatif pembuatan lagu ini sendiri terbilang cukup cepat.

"Proses pembuatan lagu ini sangat cepat. Hanya butuh 3-4 jam untuk mereka (Maudy dan Ifa) membuat lagu dan lanjut proses rekaman. Dan materi di lagu ini juga sangat ringan dan bisa relate ke banyak orang," ungkap Mhala, selaku A&R dari Trinity Optima Production.

Adapun sentuhan edgy yang upbeat dalam lagu ini juga merupakan hasil kolaborasi Maudy dengan DJ asal Malaysia, Tatsuro Miller.

[Baca juga: Maudy Ayunda Lihat Bintang Jatuh, Hamish Daud Malah Pandang Matanya]

"Tatsuro berhasil menerjemahkan beat yang diinginkan oleh Maudy dengan apik. Hasilnya, lagu 'Kutunggu Kabarmu' ini jadi lagu yang catchy, easy listening, dan relatable," tambahnya.

Tidak hanya untuk lagu "Kutunggu Kabarmu", dalam pembuatan album ini Maudy juga turun tangan langsung dalam pembuatan lirik dan musiknya. Tidak hanya bertanggung jawab sebagai penyanyi, Maudy juga berperan sebagai produser dan juga penulis lagu.

"Bisa dibilang albumnya kali ini akan menjadi album authentic Maudy. Karena mulai dari awal pemilihan lagu, pemilihan music arranger, proses mixing hingga mastering, semua dalam pantauan dan kendali Maudy sendiri," kata Mhala.

Melengkapi rasa rindu dan juga penasaran dari penggemarnya akan single terbarunya ini, Maudy melakukan kampanye unik melalui sosial medianya.

Bila diperhatikan, dalam beberapa hari terakhir Maudy mengunggah beberapa foto dengan menampilkan sebuah nomor telepon. Sontak saja, dalam dua hari tercatat 5.000 nomor telah melakukan missed call ke nomor tesebut.

Hingga hari ini, dalam waktu seminggu sejak unggahan pertama, Maudy sudah menerima lebih dari 17.000 missed call.

Sebagai bentuk apresiasi Maudy kepada mereka yang telah menunggu kabarnya, tepat pada 12 Oktober 2017 Maudy akan menelepon kembali nomor-nomor telepon yang sudah tercatat di sistem Kokatto.

Bersamaan dengan itu, Maudy pun menyiapkan  kejutan lain. Sebuah klip video "Kutunggu Kabarmu" yang divisualisasikan dengan apik dan menarik oleh Sakti Marendra. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com