Konser Situs Budaya Iwan Fals Meriahkan Sabtu Sore di Leuwinanggung

Kompas.com - 14/10/2017, 18:56 WIB
Penyanyi Iwan Fals menggelar Konser Situs Budaya: Jatim-Trowulan di PanggungKITA, Leuwinanggung, Jawa Barat, pada Sabtu (14/10/2017). Konser itu digelar untuk memberikan pembelajaran tentang sejarah Trowulan melalui sebuah konser musik. KOMPAS.com/Tri Susanto SetiawanPenyanyi Iwan Fals menggelar Konser Situs Budaya: Jatim-Trowulan di PanggungKITA, Leuwinanggung, Jawa Barat, pada Sabtu (14/10/2017). Konser itu digelar untuk memberikan pembelajaran tentang sejarah Trowulan melalui sebuah konser musik.
|
EditorIrfan Maullana


LEUWINANGGUNG, KOMPAS.com - Penyanyi Iwan Fals menggelar Konser Situs Budaya: Jatim-Trowulan di PanggungKITA, Leuwinanggung, Jawa Barat, Sabtu (14/10/2017). Konser itu digelar untuk memberikan pembelajaran tentang sejarah Trowulan melalui sebuah konser musik.

Untuk diketahui, Trowulan adalah sebuah situs purbakala di Kabupaten Mojekerto, Jawa Timur yang menyimpan berbagai benda prasasti. Bahkan, situs ini telah didaftarkan sebagai  warisan dunia UNESCO sejak 2009.

Diselenggarakan sejak pukul 15.15 WIB, Iwan langsung membuka penampilannya dengan "Joget Blambangan" dan "Rek Ayo Rek".

Ribuan penonton yang telah menunggu di depan panggung pun langsung berdiri. Mereka berjoget mengikuti irama musik bertempo santai yang diusung band pengiring Iwan.

[Baca juga: Iwan Fals Konser Tanpa Alat Musik]

Bernuansa teduh dan penuh keakraban, Iwan begitu cair saat berinteraksi dengan Orang Indonesia (OI), sebutan penggemar musisi berusia 56 tahun tersebut.

Tanpa banyak bercakap-cakap, Iwan kembali mengelindingkan "Mimpi Yang Terbeli", "Potret", dan "Pesawat Tempurku".

"5 Oktober kemarin TNI ulang tahun dan belakangan TNI ramai dibicarakan. Intinya mau mempunyai peralatan yang canggih dan hebat, mau mortir atau apa, tapi mempunyai jiwa Sudirman (justru) yang susah. Itu perlu perenungan dan kesadaran," kata Iwan.

"Bersama rakyat TNI kuat, meninggalkan rakyat TNI kualat," sambung Iwan lalu melantunkan "Serdadu".

Iwan tak hanya sendirian menyuguhkan konser bertema budaya yang diinisiasikan oleh Tiga Rambu, ia juga berkolaborasi dengan penyanyi jazz Syaharani. Acara sendiri dipandu oleh artis peran Maudy Koesnadi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X