Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konser Situs Budaya Iwan Fals Meriahkan Sabtu Sore di Leuwinanggung

Kompas.com - 14/10/2017, 18:56 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis


LEUWINANGGUNG, KOMPAS.com - Penyanyi Iwan Fals menggelar Konser Situs Budaya: Jatim-Trowulan di PanggungKITA, Leuwinanggung, Jawa Barat, Sabtu (14/10/2017). Konser itu digelar untuk memberikan pembelajaran tentang sejarah Trowulan melalui sebuah konser musik.

Untuk diketahui, Trowulan adalah sebuah situs purbakala di Kabupaten Mojekerto, Jawa Timur yang menyimpan berbagai benda prasasti. Bahkan, situs ini telah didaftarkan sebagai  warisan dunia UNESCO sejak 2009.

Diselenggarakan sejak pukul 15.15 WIB, Iwan langsung membuka penampilannya dengan "Joget Blambangan" dan "Rek Ayo Rek".

Ribuan penonton yang telah menunggu di depan panggung pun langsung berdiri. Mereka berjoget mengikuti irama musik bertempo santai yang diusung band pengiring Iwan.

[Baca juga: Iwan Fals Konser Tanpa Alat Musik]

Bernuansa teduh dan penuh keakraban, Iwan begitu cair saat berinteraksi dengan Orang Indonesia (OI), sebutan penggemar musisi berusia 56 tahun tersebut.

Tanpa banyak bercakap-cakap, Iwan kembali mengelindingkan "Mimpi Yang Terbeli", "Potret", dan "Pesawat Tempurku".

"5 Oktober kemarin TNI ulang tahun dan belakangan TNI ramai dibicarakan. Intinya mau mempunyai peralatan yang canggih dan hebat, mau mortir atau apa, tapi mempunyai jiwa Sudirman (justru) yang susah. Itu perlu perenungan dan kesadaran," kata Iwan.

"Bersama rakyat TNI kuat, meninggalkan rakyat TNI kualat," sambung Iwan lalu melantunkan "Serdadu".

Iwan tak hanya sendirian menyuguhkan konser bertema budaya yang diinisiasikan oleh Tiga Rambu, ia juga berkolaborasi dengan penyanyi jazz Syaharani. Acara sendiri dipandu oleh artis peran Maudy Koesnadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com