Video Cover "Akad" Meledak di YouTube, Hanin Dhiya Bicara soal Royalti

Kompas.com - 02/11/2017, 09:23 WIB
Penyanyi muda Hanin Dhiya berkunjung ke redaksi Kompas.com di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa 931/10/2017). KOMPAS.COM/IRA GITAPenyanyi muda Hanin Dhiya berkunjung ke redaksi Kompas.com di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa 931/10/2017).
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com- Penyanyi Hanin Dhiya mengatakan, dia tidak mengerti berapa royalti yang dia dapatkan dari YouTube untuk video cover "Akad" miliknya yang mendapat 43 juta penonton.

Hal itu Hanin katakan saat berkunjung ke redaksi Kompas.com, di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (31/10/2017).

"Kalau misalkan royalti dari YouTube itu banyak atau enggak dapetnya, aku kurang mengerti sih, karena ada tim yang ngaturin itu," ucap Hanin.

Namun, Hanin menuturkam bahwa royalti hasil video cover tersebut akan dibagi dua dengan sang pemilik lagu, yakni grup musik Payung Teduh.

[Baca juga : Hanin Dhiya Pernah Tolak Lagu Akad Payung Teduh]

"Kalau royalti itu kan pasti secara otomatis udah langsung bagi dua sama yang punya lagunya," kata runner-up Rising Star Indonesia 2014 itu.

"Kalau misalkan lagunya udah punya konten id, dia (musisi) bisa mengklaim secara otomatis, dia (musisi tersebut) udah pasti dapat (royalti)," sambungnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Hanin, menyanyikan ulang lagu milik orang lain adalah hal yang biasa dan boleh dilakukan selama masih mencantumkan nama penyanyi asli dari lagu yang dicover tersebut.

"Sebelum kejadian yang kemarin, yang heboh-heboh copyright itu, sebenarnya cover (lagu) itu hal yang sangat umum dilakukan, jadi aku cover ya enggak izin, bentuk apresiasi juga," ujar pelantun "Kau Yang Sembunyi" itu

"Itu udah biasa dan kalau mereka mikirin royalti, itu udah dibagi dua secara otomatis. Masalah copyright kan yang cover itu juga cantumin penyanyi aslinya, bukan ngaku-ngaku lagunya dia. Kalau menurut aku sah-sah aja," tambahnya.

[Baca juga : Hanin Dhiya Santai Saja Disebut Penyanyi Cover]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.