Menularkan Semangat Bermusik Chrisye kepada Generasi Milenial

Kompas.com - 07/11/2017, 22:12 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka 10 tahun wafatnya penyanyi legendaris Chrisye, sebuah pertunjukan musik bertajuk Chrisye The Spirit Continues Music Fest Concert akan diselenggarakan di Balai Sarbini, Jakarta Selatan, pada 29 November 2017.

Sejalan dengan rencana ini, promotor Diansyah Dinamika Wiryatama pun mengampanyekan #thespiritcontinues untuk meneruskan semangat berkarya dan bermusik Chrisye kepada generasi muda.

"Sebenarnya karena spirit continues-nya, semangat dia yang diharapkan bisa berlanjut untuk musik Indonesia," kata istri mendiang Chrisye, Damayanti Noor, dalam wawancara di Hard Rock Cafe Jakarta, Selasa (7/11/2017).

Agar semangat bermusik Chrisye bisa menular kepada generasi milenial, pertunjukan Chrisye The Spirit Continues Music Fest Concert pun dirancang berbeda dengan konser-konser yang sudah pernah ada.

Baca juga : Tohpati Mengenang Chrisye Lewat Lagu Rahardis

Perbedaan tersebut bisa dilihat dari susunan penampil yang melibatkan penyanyi-penyanyi dari berbagai kalangan. Mulai dari yang sudah memiliki nama besar seperti Glenn Fredly dan Reza Artamevia, lalu dari kalangan musik indie yang diwakili oleh band Sore, serta youtubers seperti Eclat Story serta Electrona (DJ Kenny, Gabriel, dan Dewi Gita).

"Jadi kami ambil youtubers, kami ambil indie, dan pakem artis seperti Glenn dan Reza. Jadi semangat Chrisye dilanjutkan Glenn, dilanjutkan Reza, dilanjutkan band indie, dan seterusnya," ujar Damayanti.

"Karena memang kan kita harus turun ke milenial. Sekarang kan zamannya anak-anak now itu. Kamu mau tampil dengan DJ, mau dengan genre apapun it's still Chrisye. Karena dia kan begitu, menjadikan musik Indonesia sebagai tuan rumah di negerinya sendiri, karena zaman dia pun dia harus berjuang melawan lagu-lagu Barat, dan alhamdulillah sekarang itu sudah terwujud dan bagaimana sekarang kita melanjutkan supaya di zaman era globalisasi ini tidak terkikis," lanjutnya.

Selain dari susunan penampil, panggung pertunjukan juga ditata sedemikian rupa agar menambah semarak.

Baca juga : Intip Foto-foto di Balik Layar Film Chrisye

"Pada prinsipnya ini mau berbeda bentuknya dari konser-konser yang pernah ada, karena kami enggak mau bikin yang sama. Jadi memang seperti festival, ada tiga stage nanti di satu panggung besar. Terpisah stage-nya, tapi di satu panggung besar yang sama dalam satu pertunjukan nonstop tanpa MC," kata Damayanti.

Mengenai #thespiritcontinues, salah satu penggagas pertunjukan ini, Seno M Hardjo mengatakan bahwa semangat tersebut memiliki pesan penting, yakni memberi asupan musik berkualitas kepada generasi muda.

"Jadi gini, Mas Chrisye selama ini dikenal sebagai legenda musik Indonesia, tapi takutnya generasi muda itu enggak mendapatkan asupan kualitas musik yang sekelas Mas Chrisye. Memang saat ini regenerasi sudah berjalan, tetapi kita harus tetap menyongsong bola," ujar Seno.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.