Lukman Sardi Ikut Perangi Kekerasan terhadap Perempuan

Kompas.com - 17/11/2017, 18:28 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Lukman Sardi merasa perlu mendukung kampanye penghapusan kekerasan terhadap perempuan melalui 16 Festival Film yang digagas oleh sutradara Nia Dinata.

Hal itu ia ungkapkan saat diwawancarai setelah jumpa pers 16 Film Festival di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (17/11/2017).

"Diinisasi oleh Teteh Nia, gerakan ini bagaimana bisa menghilangkan kekerasan tersebut. Gue merasa bahwa ini salah satu kewajiban gue juga sebagai rakyat Indonesia untuk mendukung kegiatan ini," ungkap Lukman.

"Gue merasa harus melakukan sesuatu walaupun mungkin awal-awal hanya didengar, tapi kalau kita enggak mulai, ya itu akan begitu aja," lanjutnya.

Lukman yang memiliki banyak sosok perempuan dalam keluarganya merasa prihatin akan maraknya kasus kekerasan terhadap perempuan.

Baca juga : Lukman Sardi Sempat Sebal pada Reza Rahadian

"Kalau gue banyak berita yang gue lihat,ya kita tidak bisa tutup mata lah akan hal itu (kekerasan terhadap perempuan). Buat gue itu sangat memperihatinkan banget, apalagi gue punya ibu, punya adik perempuan, punya kakak perempuan, gue selalu merefleksikan itu. Gimana kalau ini terjadi sama keluarga sendiri," tutur bintang film Jailangkung itu.

Pergelaran 16 Festival Film merupakan kampanye yang akan memutar 16 film panjang dan 16 film pendek karya anak bangsa yang menyiratkan pesan anti kekerasan selama 16 hari, yang dimulai pada 25 November hingga 10 Desember 2017.

Lukman menuturkan, film adalah media yang sangat mudah untuk bisa memengaruhi masyarakat memerangi kekerasan pada perempuan.

"Melalui 16 film kami bicara mengenai kekerasan, film itu memang media yang sangat gampang sekali untuk memengaruhi orang," tutur bintang film 7/24 itu.

"Mudah-mudahan tiap tahun ada sehingga kesadaran masyarakat makin tumbuh dan gue juga akan selalu menyuarakan itu," tambah Lukman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.