Reza Rahadian: Laki-laki Juga Bisa Bersuara untuk Perempuan

Kompas.com - 17/11/2017, 20:24 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Reza Rahadian menjadi satu dari 16 relawan yang mendukung kampanye penghapusan kekerasan berbasis gender dan seksual melalui pergelaran 16 Festival Film yang digagas oleh sutradara Nia Dinata.

"Bukan zamannya lagi menyuarakan perempuan harus perempuan. Laki-laki juga bisa menyuarakan untuk perempuan," kata Reza dalam wawancara setelah jumpa pers 16 Film Festival di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (17/11/2017).

Bintang film Critical Eleven itu merasa senang karena bisa ikut menyuarakan anti-kekerasan terhadap perempuan.

"Kalau di 16 Film Festival ini yang melatarbelakangi kenapa saya terlibat, ya karena isunya penting, kemudian senang sekali ketika laki-laki juga boleh diberikan tempat untuk punya suara, menyuarakan tentang hak-hak perempuan, itu kan sesuatu yang bisa dibilang jarang jadi buat saya, kenapa tidak," ujar Reza.

Baca juga : Nia Dinata Suarakan Anti Kekerasan pada Perempuan Lewat 16 Film Festival 

Reza juga menuturkan alasannya peduli dan mau terlibat dalam gerakan yang digelar oleh Jaringan #GerakBersama, Kalyanashira Films dan 100% Manusia Film Festival itu.

"Kenapa peduli, ya karena tidak didengar. Kalau responsnya baik, positif, dan masiv, automatically mungkin ya kami enggak punya kayak gini," imbuh Reza.

Pergelaran 16 Festival Film merupakan kampanye yang akan memutar 16 film panjang dan 16 film pendek karya anak bangsa yang menyiratkan pesan anti-kekerasan selama 16 hari, yang dimulai pada 25 November hingga 10 Desember 2017.

Baca juga : Lukman Sardi Ikut Perangi Kekerasan terhadap Perempuan 

Selain Reza, pekerja seni yang menjadi volunteer ambasador 16 Film Festival lain adalah, Ananda Sukarlan, Atiqah Hasiholan, Chelsea Islan, Chicco Kurniawan, Hannah Al Rashid, Happy Salma, Karina Salim, Lukan Sardi, Putri Ayudya, Refal Hady, Richard Kyle, Rio Dewanto, Tara Basro, Tatyana Akman, Vivi Yip.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.