Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film "Coco" Ketengahkan Budaya Meksiko Hormati Orang yang Telah Tiada

Kompas.com - 21/11/2017, 12:18 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Di berbagai belahan Bumi banyak budaya menghormati orang-orang yang sudah meninggal dunia, termasuk di Meksiko.

Dia de los Muertos (Hari Peringatan bagi Orang-orang yang Telah Tiada) dipaparkan dalam film animasi Coco ini.

Coco merupakan film petualangan animasi produksi Pixar Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures.

Film ini disutradarai oleh penggagasnya, Lee Unkrich, dan mengisahkan pertualangan Miguel, anak laki-laki usia 12 tahun yang menguak misteri selama satu abad dan akhirnya membawanya pada pertemuan keluarga yang sangat luar biasa.

Baca juga: Zootopia Dinobatkan Jadi Film Animasi Terbaik Oscar 2017

Aktris Blanca Araceli, seorang pengisi suara tokoh film ini, mengatakan bahwa Dia de los Muertos lebih mengenai kehidupan daripada tentang kematian.

"Bagi kami, ini merupakan perayaan kehidupan, perayaan hidup kekal dari orang-orang terkasih yang telah meninggal untuk mengingat mereka, memastikan kami tidak lupa, dan mengajarkan anak-anak tentang nenek moyang mereka, nenek, paman yang telah meninggal, dan mengingatkan mereka bahwa tradisi kita merupakan sesuatu yang menghubungkan kita dengan orang-orang terkasih yang telah meninggal, namun mereka mungkin merupakan pembimbing spiritual kita. Jadi, ini merupakan tradisi yang indah dan sangat penting untuk melihat bahwa ini bukan sesuatu tentang kematian, tetapi tentang kehidupan," ucap Araceli.

Baca juga: Hasil Kerja Desainer Animasi Griselda Sastrawinata Ada dalam Film Moana

Anthony Gonzalez, yang mengisi suara tokoh utama Miguel, juga menyampaikan pendapatnya.

"Saya merayakannya karena kakek saya sudah meninggal, ia sangat istimewa bagi saya, karena selalu mendukung saya, dan dia akan mengatakan kepada saya, 'Oh, Anthony harus menyanyi.' Ia akan membawa saya ke kompetisi dan ia adalah orang yang luar biasa. Namun, Dia de los Muertos merupakan hari ketika saya bisa berhubungan lagi dengannya. Itu sebabnya saya menyukai perayaan tersebut. Ikut bermain film yang menunjukkan perayaan itu, sungguh menakjubkan," tutur Gonzales.

Baca juga: Pixar Tertarik Garap Cerita Rakyat Indonesia Jadi Film Animasi

Sementara itu, aktor Edward James Olmos mengatakan, "Anda pergi ke keluarga Meksiko dan merayakannya bersama mereka. Anda makan makanan favorit orang-orang yang Anda rayakan bersama dan Anda tidak melupakannya. Dan, selama Anda tidak melupakan, mereka akan selalu bersama kita."

Film Coco di Amerika akan diputar mulai 22 November 2017. (my/ii)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com