Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tabik!, Ucapan Terima Kasih yang Jadi Judul Album

Kompas.com - 06/12/2017, 15:05 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Personel grup musik rap Fade2Black, Danial Rajab Fahreza atau Eza menjelaskan, sebelum menjadi judul album, Tabik merupakan judul lagu yang berisi ucapan terimakasih mereka.

Hal itu dijelaskan Eza saat Fade2Black berkunjung ke redaksi Kompas.com di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (5/12/2017).

"Dulu awalnya emang enggak kepikiran untuk ngasih nama album Tabik. Tapi ide itu datangnya dari Ari (personel lainnya), jadi di salah satu lagu kami itu ada thanks to yang kami ucapkan melalui lagu," jelas Eza.

"Awalnya Tabik ini track penambah doang. Istilahnya kalau di rap tuh ada namanya skit, skit itu ibaratnya track-track pendek doang isinya ucapan terimakasih kami," sambungnya.

[Baca juga : Fade2Black Bawa Hip-Hop Berkompetisi di Industri Musik Indonesia ]

Eza merasa hal tersebut belum pernah dilakukan oleh musisi lain.

"Tadinya emang enggak dipikir itu bakal heboh banget, tapi ternyata banyak yang suka, kami juga bingung. Mungkin belum ada, jadi memang kami bikin itu perasaan di Indonesia belum pernah bikin thanks to yang dibikin lagu," ujar Eza.

Tabik sendiri memiliki arti salam, sejalan dengan tema yang diusung pada album perdana mereka. Itulah yang membuat Eza, Tito, Ari dan Coki sepakat untuk menamai album mereka dengan Tabik!.

"Awalnya itu, sebetulnya temanya tuh salam, inti dari semuanya tuh ada Assalamualaikum, nah akhirnya karena belum nemuin judulnya kami kasih Tabik. Itu semua lirik, saya yang nulis. Yang saya rasa bisa wakilin kami berempat," papar Eza.

Ada 11 lagu yang mereka suguhkan pada album Tabik!, tiga di antaranya sudah dirilis yakni "Pasti Bisa" (2014), "Saat Hujan" featuring Audrey GAC (2015) dan "Cukup Dia" (2017).

[Baca juga : Fade2Black Kenalkan Identitas Baru Pada Album Tabik!]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com