Idang Rasjidi: Politik Bisa Ikut Reda dengan Alunan Musik Jazz

Kompas.com - 30/12/2017, 11:00 WIB
Idang Rasjidi (kiri) dan Fariz RM di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (29/12/2017). KOMPAS.com/HERU DAHNURIdang Rasjidi (kiri) dan Fariz RM di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (29/12/2017).

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com -- Sejumlah pemusik dalam negeri akan tampil dalam petunjukan jazz dalam rangka memeriahkan acara pergantian tahun, Minggu (31/12/2017), di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Panggung pertunjukan berdesain futuristik dibangun di Pantai Jembatan Emas, yang menjadi ikon baru pariwisata Bangka Belitung.

Baca juga: Maumere Jazz Fiesta Flores Kembali Digelar

Ketua Panitia acara itu, Nico Alpiandi, mengatakan bahwa pertunjukan jazz gratis itu merupakan bagian dari promosi potensi pariwisata daerah tersebut. 

"Kawasan pantai dan jembatan ini sebagai destinasi baru yang mulai populer di kalangan masyarakat," tutur Nico kepada media, Jumat (29/12/2017). 

Baca juga: Indro Hardjodikoro Mengedukasi Musisi Lombok Lewat Jazz

Sementara itu, pemusik jazz Idang Rasjidi berharap pertunjukan jazz bisa membuat suasana menjadi adem.

"Kami tidak berpolitik, tapi politik bisa ikut reda dengan alunan musik jazz," ucap Idang.

Baca juga: Idang Rasjidi: Mengenalkan Musik Jazz Tak Harus di Tempat Mewah

Selain pertunjukan jazz, ada sesi jazz clinic (klinik jazz) di Pangkal Pinang yang menghadirkan Idang dan dua pemusik terkenal lain, yaitu Fariz RM dan Mus Mujiono.

Bagi para peserta klinik jazz itu, Idang sudah tidak asing lagi, karena merupakan putra daerah Pangkal Pinang.

Idang mengatakan bahwa klinik jazz bersama para pemusik setempat diadakan demi memasyarakatkan jazz sekaligus menemukan bakat dari kalangan muda.

"Kami tidak ingin masyarakat hanya menonton, setelah itu bubar. Jadi, melalui jazz clinic ada yang ditinggalkan untuk dikembangkan di daerah yang menjadi tempat pertunjukan," ujarnya.

Pertunjukan para artis musik Jazz ternama ini akan terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.