Marvel Comics Buka Pintu Lebar untuk Ilustrator Indonesia

Kompas.com - 12/01/2018, 15:21 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Editor in Chief Marvel Comics, CB Cebulski, menegaskan bahwa salah satu kunci untuk bisa bergabung dengan tim Marvel adalah rasa percaya diri.

"Yang dibutuhkan bukan sekadar talenta, tapi juga yang paling penting adalah percaya pada diri sendiri," kata Cebulski di sela acara Marvel Creative Day Out di Universitas Binus, Jakarta Barat, Jumat (12/1/2018).

Ia memberi contoh bahwa ada banyak ilustrator asal Indonesia yang sukses bergabung dengan keluarga Marvel Comics.

Empat di antaranya adalah Ario Anindito, Miralti Firmansyah, Yasmine Putri, dan Sunny Gho. Mereka sudah bekerja bersama Marvel selama bertahun-tahun.

"Mereka ini adalah orang-orang yang melangkahkan kaki mereka untuk masuk ke dalam pintu (Marvel) dan mereka bisa mencapai kesuksesan setelah melewati pintu tersebut. Mereka punya kepercayaan diri terhadap kemampuan mereka sendiri dan bisa terus berkarya," ujar Cebulski.

Marvel, lanjutnya, sudah membuka pintu selebar-lebarnya untuk para ilustrator di seluruh dunia termasuk Indonesia. Hanya saja, menurut Cebulski, ada begitu banyak orang yang sebenarnya berbakat, namun takut dan tak percaya diri untuk melewati pintu itu.

"Satu-satunya hal yang ingin saya ingatkan kepada kalian adalah bahwa Marvel selalu membukakan pintu," ucap Cebulski.

"Percaya dan langkahkan kaki untuk masuk ke pintu itu, tutup pintunya, dan tinggalkan semua keraguan kalian di belakang. Itu kuncinya," sambungnya seraya tersenyum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.