Purwacaraka: Full Day School Bikin Waktu untuk Main Berkurang

Kompas.com - 31/01/2018, 17:46 WIB
|
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemusik Purwacaraka (57) tidak setuju jika pendidikan sekolah di Indonesia diberikan dengan menggunakan sistem full day school.

"Saya tidak terlalu setuju dengan full day school. Itu akan merampas hak main anak," ujar Purwacaraka dalam wawancara di Pisa Cafe, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (31/1/2018).

Full day school merupakan sistem lima hari sekolah dalam seminggu, secara penuh dari pagi hingga sore. Menurut lelaki yang bernama pendek Purwa ini, hal itu akan membuat waktu main berkurang.

"Jadi, kapan mainnya? Lalu dikasih PR banyak. Walau dikasih weekend, mereka dikasih les dan segala macan," ujarnya.

Baca juga: Purwacaraka: Joey Alexander Masuk Grammy Itu Luar Biasa

Purwacaraka berujar bahwa anak sebenarnya membutuhkan juga tempat belajar non formal.

"Saya percaya pendidikan tidak datang dari ilmu pasti, dalam hal ini sekolah formal, tapi mereka juga butuh komunitas di luar sekolah," ucapnya.

Karena itu, Purwacaraka lebih setuju sekolah formal dijalani tidak seharian penuh. Setelah pulang sekolah, lanjut Purwa, anak bisa berkegiatan nonformal.

Baca juga: Andrea Miranda: Kalau Bisa Mereka Enggak Tahu Saya Anak Purwacaraka

Misalnya, anak mengikuti les pada hari biasa tanpa menganggu aktivitas libur di akhir minggu.

"Mereka bisa lewat musik. Atau, anak-anak bisa ikut Pramuka, karena saya percaya Pramuka bisa membangun fighting spirit anak-anak,"u  jarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.