Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunto Aji: "Konon Katanya" Lagu yang Cukup Personal untuk Saya

Kompas.com - 07/02/2018, 17:22 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan cukup panjang telah ditempuh oleh Kunto Aji, seorang penyanyi yang telah mengeluarkan satu album bertajuk Generation Y pada 2015 lalu, dan sukses menghasilkan beragam hits seperti "Terlalu Lama Sendiri", "Ekspektasi", "Akhir Bulan", dan juga "Mercusuar".

Setelah sempat melakukan semuanya sendiri untuk album perdananya, Kunto Aji kini memutuskan untuk bekerja sama dengan Juni Records untuk langkah selanjutnya. Di bawah bendera label rekaman yang juga menaungi Raisa, Barasuara, dan Dengarkan Dia ini, Kunto Aji pun merilis single terbarunya, "Konon Katanya".

"Konon Katanya" menjadi sebuah lagu yang dicipta oleh Kunto Aji melalui pendekatan yang berbeda dari sebelumnya, dan arahan musik yang juga terdengar menyegarkan.

Baca juga : Kunto Aji Suguhkan Panorama Kepulauan Derawan Lewat Konon Katanya

"Lagu 'Konon Katanya' menjadi lagu yang cukup personal untuk saya. Pendekatannya lebih kepada seperti berbicara dengan diri sendiri. Dan hal ini selalu menyenangkan untuk disampaikan," ujar pria kelahiran 1987 itu dalam e-mail yang diterima Kompas.com.

Tidak hanya pendekatan secara penulisan lagu yang diusung secara berbeda oleh Kunto Aji. Kali ini dia mencoba lebih terbuka terhadap kemajuan zaman dan teknologi. Untuk single baru ini, Kunto Aji tidak lagi menggunakan medium fisik sebagai senjata utamanya.

Bekerja sama dengan Juni Records, Kunto Aji ingin melangkah lebih jauh dan lebih dalam di ranah digital. Dukungan pun didapat dari Juni Records, yang mengamini pilihan Kunto aji tersebut.

"Kami di Juni Records selalu berusaha untuk bersikap mengedepankan keinginan dan ekspektasi sang artis. Dari situ, selanjutnya akan kami olah dengan cara tersendiri, sehingga bisa mencapai hasil yang menggembirakan bagi semua pihak terkait. Kami setuju dengan pilihan Kunto Aji untuk melangkah lebih di ranah digital. Karena menurut kami, sekarang memang sudah di masa streaming economy  era, di mana ranah digital tidak bisa lagi dipandang sebelah mata," ujar Direktur Juni Records Adryanto Pratono.

Baca juga : Konon Katanya Bikin Kunto Aji Lebih Ngeband

Perubahan yang dibawa oleh Kunto Aji pada lagu ini tidak berhenti sampai di situ. Bekerja sama dengan produser Uga Swastadi, Kunto Aji mencoba arah baru dan mengambil beragam inspirasi baru untuk kemudian dituangkan menjadi sebuah karya.

"Semoga setelah mendengar Konon Katanya, orang-orang akan menganggap musik saya yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan sebelumnya. Karena saya memang punya banyak kejutan di album kedua saya nantinya," tambah Kunto Aji.

Bersamaan dengan dirilisnya single "Konon Katanya", Kunto Aji juga membuat suguhan tersendiri yang bisa dilihat di channel YouTube resminya: www.youtube.com/KuntoAji.

Selain itu, di channel tersebut Kunto Aji juga akan secara rutin membagikan jurnal perjalanannya dalam proses pembuatan album kedua. Satu video jurnal sudah dirilis pada 10 November 2017 yang lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com