Garin Nugroho Berbagi Ilmu Manajemen Seni Pertunjukan ke Seniman Muda

Kompas.com - 12/02/2018, 17:14 WIB
(Kiri ke kanan) Jeannie Park, Butet Kertaredjasa, dan Garin Nugroho saat jumpa pers Workshop Manajemen Produksi Seni Pertunjukan di GEOKS Art Space, Bali, Minggu (11/2/2018). Kompas.com/Ira Gita(Kiri ke kanan) Jeannie Park, Butet Kertaredjasa, dan Garin Nugroho saat jumpa pers Workshop Manajemen Produksi Seni Pertunjukan di GEOKS Art Space, Bali, Minggu (11/2/2018).

DENPASAR, KOMPAS.com- Sutradara Garin Nugroho bersama Bakti Budaya Djarum Foundation menggelar Workshop Manajemen Produksi Seni Pertunjukan untuk para seniman muda yang digelar di empat kota yakni Bali, Malang, Kudus dan Padang Panjang.

"Kami mengajak komunitas seni pertunjukan di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi sekaligus belajar dan berproses tentang proses kreatif menciptakan karya seni pertunjukan dan proses manajemen dari karya pertunjukan," kata Garin saat jumpa pers di GEOKS Art Space, Bali, Denpasar, Minggu (11/2/2018).

"Dua aspek ini sering sekali diabaikan, yaitu pengetahuan keterampilan dan aspek menajemen. Itu dasarnya," sambungnya.

[Baca juga : Garin Nugroho Terima Honorary Award di Singapura ]

Garin pun turut menggandeng aktor dan seniman Butet Kartaredjasa, serta penari keraton asal Korea, Jeannie Park untuk berbagi pengalaman tentang proposal seni pertunjukan.

Bali menjadi kota pertama diselenggarakannya workshop tersebut. Butet dan Jeannie akan berbagi pengalaman kepada 40 peserta, Senin (12/2/2018) di tempat yang sama.

Menurut sutradara film Guru Bangsa: Tjokroaminoto itu, industri kreatif harus disertai dengan keterampilan dan pengetahuan agar dapat terealisasikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tetapi industri kreatif tanpa pengetahuan dan keterampilan, kreatif maupun manajemen kreatifnya, itu hanya menjadi apa yang disebut dengan cita-cita. Jadi industri kreatif harus disertai dengan pengetahuan," imbuhnya.

Hal itulah yang membuat Garin sebagai penggagas workshop ini ingin memberikan keterampilan bagi seniman-seniman muda Indonesia.

[Baca juga : Garin Nugroho: Ruang Tumbuh Kreativitas Masih Minim]



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.