Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan BTS Layak Menangi Korean Music Award ke-15

Kompas.com - 01/03/2018, 17:21 WIB
Rizky Chandra Septania,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

Sumber yonhapnews

KOMPAS.com - Boyband populer asal Korea Selatan, BTS, memenangi penghargaan Musician of The Year dalam ajang Korean Music Award (KMA) ke-15 yang dihelat Rabu (29/2/2018).

Untuk diketahui, KMA adalah ajang penghargaan musik independen yang fokus pada genre musik mainstream yang dimainkan musisi Korea Selatan.

BTS terpilih sebagai pemenang penghargaan oleh panitia seleksi KMA yang terdiri dari 56 juri dari kalangan jurnalis musik, produser program musik radio dan televisi, kolumnis serta kritikus.

BTS mengalahkan sejumlah artis musik lain yang masuk nominasi. Di antaranya penyanyi sekaligus penulis lagu IU, grup rock indie Hyukoh dan Kim Mok-in.

Menurut Komite Seleksi Korean Music Award Kim Yoonha, terpilihnya BTS sebagai Musician of The Year bukan tanpa sebab.

"Saat memilih BTS sebagai Musician of The Year, kami memikirkan lagi makna mengenai Musician of The Year," ujar Kim Yoonha dalam sebuah sambutan.  

Boyband yang dihuni oleh tujuh orang ini merilis album kelima mereka, Love Yourself: Her yang terjual lebih dari 1,58 juta kopi dan menjadi album dengan penjualan tertinggi di Korea Selatan dalam 16 tahun terakhir, setelah grup idola g.o.d merilis album studio keempat mereka pada 2001 lalu.

BTS juga menikmati kesuksesan masiv mereka secara global berkat dua lagu dalam album Love Yourself: Her, yakni "DNA" dan "Mic Drop", yang masing-masing bertengger di Billboard Hot 100 chart serta mendapatkan sertifikasi "emas" dari Recording Industry Association of America.

Baca juga : Setelah MIC Drop, BTS Raih Sertifikasi Emas untuk Lagu DNA di Amerika

Yoonha juga menyebutkan bahwa BTS bukan hanya sekedar idola. Sebab, kehadirannya membuat musik Korea disukai oleh dunia. Dengan begitu, BTS diprediksi dapat membawa pengaruh baik dalam beberapa waktu kedepan.

"BTS, grup yang terlahir dengan menarik simpati pemuda di Korea dan dunia melalu musik ciptaan mereka yang ditulis berdasarkan pandangannya atas dunia," tambahnya.

Sayangnya, kendati dinobatkan sebagai pemenang, BTS tidak dapat hadir untuk menerima penghargaan. Meski begitu, panitia Korean Music Award tetap memberikan penghargaan tersebut pada BTS.  
 
Dikutip Kompas.com dari Yonhap News Kamis (1/3/2018), Korean Music Award bisa dianggap sebagai Grammy-nya Korea. Sebab, penghargaan ini tidak dipilih berdasarkan jajak mendapat. Melainkan penilaian langsung dari para juri dan profesional di bidang musik.

Baca juga : Big Hit Umumkan Tanggal Rilis Mixtape J-Hope BTS


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com