Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPAI: Tyas Mirasih Tidak Menculik Anak

Kompas.com - 09/03/2018, 17:19 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Rita Pranawati menegaskan, bahwa artis peran Tyas Mirasih bukanlah seorang penculik.

Tyas dituding membawa seorang bocah perempuan berusia 5 tahun berinisial ACB sejak November 2017 lalu.

"Intinya pengasuhan. Jadi, sepertinya bukan soal penculikan. Kalau penculikan kan pidana, ini yang kemudian masih bisa dirembuk, karena sebenarnya isunya perdata," kata Rita di kantor KPAI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (9/3/2018).

Tyas dikabarkan sedang terlibat permasalahan dengan Maryke Harris Pohu yang merupakan nenek dari ACB. Rita berujar, KPAI akan bertindak sesuai kapasitasnya, yakni mencoba memediasi antara keduanya.

"Nanti kami berharap ada proses. Kalau di KPAI kan kami mempertemukan, memperbincangkan masa depan yang terbaik untuk anak itu seperti apa," kata dia.

[Baca juga : Tyas Mirasih Dituduh Bawa Lari Bocah Yatim Piatu]

Jumat ini, kata Rita, Tyas seharusnya memenuhi panggilan KPAI untuk memberikan keterangan terkait permasalahan tersebut. Namun, Tyas telah mengonfirmasikan ketidakhadirannya.

"Memang hari ini ada pemanggilan Tyas Mirasih, tapi yang bersangkutan mengatakan belum bisa hadir. Kami masih menunggu jadwal selanjutnya," kata Rita.

Adapun berdasarkan versi Maryke, Tyas telah membawa ACB dari tangan Ita Saleem yang berada di kawasan perumahan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Ita merupakan ibu angkat menantunya yang merupakan ibu ACB, Sisilia, yang telah meninggal dunia pada 3 September 2017 lalu.

Tyas membawa ACB dengan alasan meminjam selama dua hari. Namun, Tyas tidak memulangkan ACB kepada Ita maupun Maryke hingga saat ini.

[Baca juga : Tyas Mirasih Tak Canggung Main Film yang Diproduseri Raffi Ahmad]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com