Mengidap Miom, Chacha Frederica Jalani Operasi di Singapura

Kompas.com - 14/03/2018, 11:50 WIB
Chacha Frederica di Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2018). KOMPAS.com/Tri Susanto SetiawanChacha Frederica di Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Chacha Frederica beberapa waktu lalu menjalani operasi laparoskopi untuk mengangkat miom yang ada pada tubuhnya.

"Iya ke Singapura. Aku ada laparoskopi, karena aku ada miom. (Di Singapura) laporan laparoskopi, dan aku langsung operasi di sana. Dibersihin, dilaser, mereka ada metodenya lah," kata Chacha saat dijumpai di Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2018).

Gejala miom baru diketahui Chacha setelah masalah menstruasinya tak kunjung sembuh pasca-menikah. Ia mengalami persalahan menstruasi sejak duduk di bangku SMP.

"Sudah lama dari SMP. Kalau menstruasi dulu sakit banget kayak mau pingsan," kata dia.

Chacha sendiri awalnya tidak menyadari bahwa masalah menstruasi tersebut akan berakibat kurang baik bagi kesehatannya saat ini.

"Karena memang waktu itu kepikiran untuk ke dokter kandungan, saat itu, enggak ada. Karena waktu itu kami mengira bahwa ke dokter kandungan adalah untuk orang-orang yang sudah menikah. Kalau belum menikah ke dokter kandungan jadi aneh," ujar dia.

Baca juga : Chacha Frederica Beri Selamat The Sacred Riana

"Kenapa sekarang aku pengin mengedukasi perempuan-perempuan bahwa enggak apa-apa lho ke dokter kandungan. Karena kan orang takut ke dokter itu, kesannya kenapa-kenapa. Ih, jangan-jangan dia hamil duluan. Atau jangan-jangan dia sudah, maaf ya, dia enggak virgin. Padahal enggak kayak gitu. Jangan takut ke dokter kandungan karena paradigma-paradigma itu," ujar dia.

Saat ini, Chacha masih menunggu proses pemulihan selama enam bulan.

"Tunggu enam bulan dulu. Sekarang kata dokter sudah mulai oke. Insya Allah dalam waktu enam bulan ke depan bisa ada pembuangan secara alami. Tapi kalau belum terjadi, aku harus kembali ke Singapura untuk cek lagi," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.