Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ungkap Steroid Joan, Maia Estianty Bantah Mem-"bully"

Kompas.com - 10/04/2018, 15:04 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Ana Shofiana Syatiri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Juri Indonesian Idol Maia Estianty mengungkap alasan kritikannya kepada Joan Chaterina pada penampilan di Road to Grand Final Indonesian Idol 2018 yang digelar di MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (10/4/2018).

Menurut Maia, kritikan itu adalah cara juri memberi masukan bukan hanya untuk Joan, melainkan untuk semua kontestan.

"Ini kita ini kan sebagai coach pasti ngasih masukan yang terbaik buat mereka, kekurangannya seperti apa," kata Maia.

Sayangnya, upaya memberi masukan itu tak selamanya diterima oleh para penggemar dari kontestan.

Baca juga : Maia Estianty Kritik Kebiasaan Joan Suntik Steroid untuk Atasi Masalah Vokal

"Mungkin kalau buat masyarakat memang itu, kata-kata kejujuran itu mungkin kadang-kadang menyakitkan bahkan mungkin bagi para fans fanatik kita dianggap kita enggak fair," ujarnya.

"Kita dianggap kita mem-bully mereka. Padahal sebenarnya kalau menelaah dengan kebijakan, hati yang positif, tentunya masukan itu adalah masukan yang sangat baik buat Joan," ujarnya.

Joanita Veroni atau lebih akrab disapa Joan tampil di babak Road to Grand Final Indonesian Idol 2018 yang digelar di MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (9/4/2018).KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Joanita Veroni atau lebih akrab disapa Joan tampil di babak Road to Grand Final Indonesian Idol 2018 yang digelar di MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (9/4/2018).
Oleh karena bagi Maia, kondisi Joan yang tidak fit dikhawatirkan akan memengaruhi karirnya pada kemudian hari.

"Jadi misalnya memang dia secara kondisi, dia bukan yang fit seperti dua finalis yang lain. Dia selalu sakit, suaranya habis. Ya kan? Jadi masukan tadi itu sebenarnya masukan yang sangat baik untuk Joan kedepannya karir seperti apa," ujar Maia.

Baca juga : Penjelasan Joan Indonesian Idol soal Suntik Steroid

Maia justru memperhatikan pita suara Joan yang menjadi modal vital bagi seorang penyanyi.

"Apakah dia masuk final apakah tidak masuk final, tehnik dia bernyanyi harus benar fit, tidak boleh merusak leher tidak boleh membuat pita suaranya rusak."

Baca juga : Ari Lasso Akui Pernah Suntik Steroid untuk Pulihkan Suara

"Jadi Joan itu sebenernya ada masukan yang baik dari kita para guru-guru ini yang sudah pengalaman di dunia industri musik. Jangan dianggap itu sebagai kritikan yang jelek," ujarnya.

Joan Chaterina dalam jumpa pers usai Spektakuler Show yang digelar di MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (10/4/2018).KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Joan Chaterina dalam jumpa pers usai Spektakuler Show yang digelar di MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (10/4/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com