Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vicky Shu Gelar Selamatan Tujuh Bulanan dengan Adat Jawa

Kompas.com - 19/05/2018, 20:50 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Vicky Shu menggelar acara selamatan tujuh bulan kehamilannya dengan prosesi adat Jawa. Selamatan bertujuan agar Vicky senantiasa diberi kelancaran hingga proses persalinannya nanti.

"Iya hari ini alhamdulilah kami mengadakan acara tujuh bulanan dengan adat budaya Jawa. Buat syarat aja sih sama doa ya, supaya sampai dengan nanti lahir anaknya sehat selamat, ibu dan anaknya," kata Vicky usai prosesi di Grand Hyatt, Jakarta Puasat, Sabtu (19/5/2018).

Didampingi samg suami, Ade Imam, Vicky jelaskan rangkaian prosesi acara selamatan tersebut. Menurut Vicky, rangkaian selamatan ini memiliki sarat makna.

"Kalau prosesinya memang penuh dengan makna ya, setiap proses yang ada itu ada artinya, mulai dari sungkeman, pengajian, siraman, terus mecah kendi," jelas Vicky.

"Terus ada 'pantes-pantes', jadi kayak ganti baju tujuh kali menandakan tujuh bulan kehamilan, insya Allah habis ini makin dilancarkan," sambung Ade.

Selain itu, pelantun tembang "Mari Bercinta 2" itu juga ingin melestarikan budaya yang kini mulai dilupakan masyarakat Indonesia.

"Karena dari dulu aku suka aja, suka hal-hal yang berbau wisata dan budaya. Jadi buat aku kalau bukan masyarakat Indonesia sendiri siapa yang melestarikan budaya yang ada," ujar Vicky.

"Karena kan banyak yang sudah mulai berpaling dari budaya, kebetulan suami dan keluarganya orang Solo jadi pakai adatnya adat Solo," tambahnya.

Acara selamatan tersebut turut dihadiri pasangan baru Syahnaz Sadiqah dan Jeje, Gilang Dirga beserta istri, Adiezty Fersa, dan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com