Banyak Komika Terjun ke Industri Film, Pandji Pragiwaksono Berkomentar

Kompas.com - 27/05/2018, 14:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Komika dan artis peran Pandji Pragiwaksono (38) berkomentar tentang banyak komika yang terjun ke industri film.

Awalnya, Pandji mengira bahwa para komika dilibatkan dalam film karena mereka pandai melucu.

"Ya, jadi dulu kami mikir, kenapa ya kok (para pembuat) film-film ini senang banget sama stand up comedian, awalnya kami pikir karena sekadar lucu," kata Pandji ketika diwawancara di kantor Redaksi Kompas.com, di Menara Kompas, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (22/5/2018).

Baca juga: Bosan Main Film, Pandji Pragiwaksono Bikin Stand Up World Tour di 5 Negara

Namun, seiring waktu berjalan, Pandji Pragiwaksono menyadari bahwa kemampuan para komika dalam menulis cerita membuat mereka juga dilibatkan dalam penulisan cerita film dan, selanjutnya, dalam penyutradaraan film.

"Tapi, lama-lama komika dipercaya untuk nulis, untuk nge-direct. Jadi, kesimpulannya, komika dipakai bukan karena dia lucu saja, tapi karena komika terbiasa menulis materi mereka sendiri, biasa melakukan pendramaan," ujar bintang film Insya Allah Sah! ini.

"Kayaknya PH (production house atau rumah produksi) memberanikan diri memberikan kesempatan kepada komika," ujarnya juga.

Baca juga: Pandji Pragiwaksono Garap Film Action Comedy

Selain itu, menurut Pandji Pragiwaksono, kondisi industri film saat ini sedang banyak membutuhkan tenaga kerja dan para pembuat film memberi kepercayaan kepada para komika.

"Ditambah, kebetulan industri film memang lagi kekurangan tenaga kerja, di semua ya, sutradara kurang banyak, aktor kurang banyak, kru kurang banyak," imbuhnya.

Baca juga: Pandji Pragiwaksono Buat Partikelir karena Menyukai Cerita Detektif

Bahkan, film garapan Pandji, yang berjudul Partikelir, akan ada film keduanya, meski jumlah penontonnya kurang dari 200 ribu.

"Jumlah film yang akan diproduksi dan jumlah kru enggak match. Makanya, (setelah) film saya yang kemarin, Partikelir, yang saya sutradarai, yang penontonnya cuma 187 ribu orang, (Pandji) ditawari lagi untuk ngerjain film selanjutnya," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.