Surat Terakhir Kinal JKT48 di Konser Kelulusannya

Kompas.com - 28/06/2018, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa saat sebelum melepaskan statusnya sebagai member JKT48 yang sudah ia sandang selama tujuh tahun, Devi Kinal Putri membacakan surat terakhirnya.

Ia berdiri di bawah sorot lampu di panggung kelulusannya di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta Pusat, Rabu (27/6/2018) malam.

"Aku akan bacakan surat terakhir. Tak menyangka hari ini adalah hari terakhir aku melaksanakan event sebagai member JKT48," kata Kinal yang dibalut gaun ungu.

Ia lalu mengenang saat-saat kali pertama bergabung dengan JKT48 pada 2011. Ketika itu, apa yang ia pikir bakal mudah, ternyata di luar bayangannya.

Baca juga: Setelah Nabilah dan Melody, Giliran Kinal Lulus dari JKT48

Menjadi seorang idola tidaklah segampang itu. Ada proses panjang yang harus ia lewati. Berlatih menari, belajar vokal, public speaking, hingga harus mengorbankan waktu luangnya bersama keluarga dan teman-teman.

"Untuk menjadi seorang idol di grup ini bahkan sangat susah. Apalagi, awalnya aku bukan member top di JKT48. Bukan yang menarik di depan. Jadi aku selalu berusaha lebih keras. Karena aku sampai di sini itu susah," ujarnya.

Namun, Kinal tak putus asa karena yakin suatu saat bakal meraih sukses. Benar saja, dara kelahiran 2 Januari 1996 itu akhirnya terpilih menjadi kapten untuk Tim J dan Tim KIII.

"Aku ingat saat-saat aku berambisi pada awal JKT48. Aku mau ikut semua. Mau bisa semua. Terus tiba-tiba lagi semangat-semangatnya gitu, aku ditunjuk menjadi kapten pertama di tim J," ucap Kinal.

Baca juga: Kinal Eks JKT48 Habiskan Masa Remaja di Jalan Tol

"Aku terima kasih pada Tim J dan Tim KIII yang selalu membantu aku selama aku jadi kapten. Terima kasih karena kita bersama-sama jadi tim yang solid di JKT48," ujarnya lagi.

Kinal juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada para staf manajemen JKT48, serta para penggemar setianya yang selalu mendukungnya dan member lain.

"Ke depannya aku masih enggak tahu bakal seperti apa. Tapi dengan apa yang aku pelajari selama tujuh tahun di sini, aku yakin aku akan menjadi pribadi dan manusia yang baik," ucap Kinal.

"Semuanya, aku Kinal dan hari ini lulus sebagai prajurit tercantik di JKT48. Legend never dies, legenda tidak pernah mati. Karena mereka akan selalu hidup di memori seseorang. Semoga aku akan selalu hidup di memori kalian ya," imbuhnya mengakhiri surat terakhirnya.

Baca juga: Derai Air Mata di Konser Kelulusan Kinal JKT48

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.