Kikan Eks Cokelat: Ide Nyanyi Lagu Daerah Sudah Muncul di Kepala Saya

Kompas.com - 28/07/2018, 21:09 WIB
Penyanyi Kikan Namara Kompascom/Nazar NurdinPenyanyi Kikan Namara

ATAMBUA, KOMPAS.com - Vokalis Kikan Namara (41) mengatakan ia ingin menyanyikan lagu-lagu daerah Indonesia. Ia mengaku sudah cukup lama memikirkan ide tersebut.

Hal itu dikatakan mantan vokalis band Cokelat itu di Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, beberapa saat sebelum mengikut Festival Cross Border Atambua 2018, Sabtu (28/7/2018).

"Ke depannya, untuk menyanyikan lagu-lagu daerah dan itu sangat terbuka dan ide itu sudah muncul di kepala saya sejak beberapa tahun lalu," ucap Kikan.

Yang ia pikirkan saat ini adalah meramu lagu-lagu daerah dari seluruh Indonesia menjadi versi yang lebih kekinian. Ia ingin anak muda lebih menghargai lagu-lagu Nusantara.

Menurut Kikan, banyak lagu-lagu daerah di Indonesia yang bagus dan perlu untuk dikembangkan oleh generasi saat ini.

Kikan juga berpesan kepada para generasi muda di Indonesia, khususnya yang ada di perbatasan RI-Timor Leste yang ingin menjadi musisi, agar memperhatikan dua hal.

Dua hal itu lanjut Kikan, yakni musik itu harus menjadi wadah untuk mengekspresikan diri serta perasaan, dan menghidupkan kembali nilai-nilai budaya yang sesungguhnya menjadi kekayaan Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Untuk mau jadi musisi atau mau hidup dari musik itu, tujuan awalnya jangan untuk jadi terkenal, tapi musik itu menjadi wadah kita untuk mengekspresikan diri dan perasaan kita. Kalau tujuannya mau jadi terkenal semuanya tentu akan jadi instan dan kemudian kita tidak menghargai proses itu sendiri," jelasnya.

Saat ini kata Kikan, arus informasi sangat deras dan musik dari luar negeri menggepur musik Indonesia dari semua sisi.

"Karena itu, mari kita hidupkan kembali nilai-nilai budaya yang sesungguhnya menjadi kekayaan kita. Saya sangat kagum dengan musisi muda yang tidak hanya canggih urus teknologi dengan melibatkan teknologi tapi juga melibatkan unsur budaya," imbuh Kikan.

Untuk diketahui, Festival Cross Border Atambua 2018 sendiri berlangsung dua hari yakni 27-28 Juli 2018.

Puncak acara akan berlangsung pada Sabtu (28/7/2018) malam. Mantan vokalis Band Cokelat, Kikan, akan tampil bersama rekan-rekannya. Selain itu, ada juga penampilan musisi asal Timor Leste Ego Lemos.

Sebelum penampilan Kikan dan kawan-kawan, panitia juga akan mengumumkan pemenang dance competition.

Baca juga: Kikan Berusaha Ajak Teman-temannya Jadi Duta BNPT

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.