Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kikan Eks Cokelat: Ide Nyanyi Lagu Daerah Sudah Muncul di Kepala Saya

Kompas.com - 28/07/2018, 21:09 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Kistyarini

Tim Redaksi

ATAMBUA, KOMPAS.com - Vokalis Kikan Namara (41) mengatakan ia ingin menyanyikan lagu-lagu daerah Indonesia. Ia mengaku sudah cukup lama memikirkan ide tersebut.

Hal itu dikatakan mantan vokalis band Cokelat itu di Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, beberapa saat sebelum mengikut Festival Cross Border Atambua 2018, Sabtu (28/7/2018).

"Ke depannya, untuk menyanyikan lagu-lagu daerah dan itu sangat terbuka dan ide itu sudah muncul di kepala saya sejak beberapa tahun lalu," ucap Kikan.

Yang ia pikirkan saat ini adalah meramu lagu-lagu daerah dari seluruh Indonesia menjadi versi yang lebih kekinian. Ia ingin anak muda lebih menghargai lagu-lagu Nusantara.

Menurut Kikan, banyak lagu-lagu daerah di Indonesia yang bagus dan perlu untuk dikembangkan oleh generasi saat ini.

Kikan juga berpesan kepada para generasi muda di Indonesia, khususnya yang ada di perbatasan RI-Timor Leste yang ingin menjadi musisi, agar memperhatikan dua hal.

Dua hal itu lanjut Kikan, yakni musik itu harus menjadi wadah untuk mengekspresikan diri serta perasaan, dan menghidupkan kembali nilai-nilai budaya yang sesungguhnya menjadi kekayaan Indonesia.

"Untuk mau jadi musisi atau mau hidup dari musik itu, tujuan awalnya jangan untuk jadi terkenal, tapi musik itu menjadi wadah kita untuk mengekspresikan diri dan perasaan kita. Kalau tujuannya mau jadi terkenal semuanya tentu akan jadi instan dan kemudian kita tidak menghargai proses itu sendiri," jelasnya.

Saat ini kata Kikan, arus informasi sangat deras dan musik dari luar negeri menggepur musik Indonesia dari semua sisi.

"Karena itu, mari kita hidupkan kembali nilai-nilai budaya yang sesungguhnya menjadi kekayaan kita. Saya sangat kagum dengan musisi muda yang tidak hanya canggih urus teknologi dengan melibatkan teknologi tapi juga melibatkan unsur budaya," imbuh Kikan.

Untuk diketahui, Festival Cross Border Atambua 2018 sendiri berlangsung dua hari yakni 27-28 Juli 2018.

Puncak acara akan berlangsung pada Sabtu (28/7/2018) malam. Mantan vokalis Band Cokelat, Kikan, akan tampil bersama rekan-rekannya. Selain itu, ada juga penampilan musisi asal Timor Leste Ego Lemos.

Sebelum penampilan Kikan dan kawan-kawan, panitia juga akan mengumumkan pemenang dance competition.

Baca juga: Kikan Berusaha Ajak Teman-temannya Jadi Duta BNPT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com