Wiro Sableng dan Pahlawan Pemberantas Pembajakan Film

Kompas.com - 07/08/2018, 20:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Wiro Sableng yang diproduseri oleh Sheila Timothy turut ambil bagian dalam Kampanye Anti-pembajakan film yang diinisiasi oleh APROFI (Asosiasi Produser Film Indonesia), Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Cinema XXI, CGV dan Cinemaxx.

Pemeran tokoh Wiro Sableng sekaligus duta anti pembajakan film, Vino G Bastian menjelaskan perumpamaan tentang Wiro Sableng dan mereka yang turut memerangi pembajakan film.

"Berhubungan dengan campaign yang dilakukan sekarang, kebetulan saya juga mengeluarkan film Wiro Sableng yang seorang pendekar pembela kebenaran," jelas Vino.

"Messages ini yang secara enggak langsung bisa nyambung, bahwa setiap orang yang berusaha mencegah pembajakan dan pembuat kebijakan itu semua adalah hero," sambung suami aktris Marsha Timothy itu.

Baca juga: Vino G Bastian: Agustus Bulan Perayaan Wiro Sableng

Menurut Vino, pembajakan film harus ditangani secara serius karena banyak orang yang menggantungkan hidupnya kepada industri perfilman.

"Merekalah yang benar-benar dibutuhkan sekarang ini, karena banyak banget pekerja film, orang-orang yang hidupnya bergantung di industri kreatif ini," ucap Vino.

"Kalau misalnya pembajakan berjalan terus, industri kreatif mandek, film-film yang dibuat segitu-gitu aja, enggak bisa membuat produksi yang lebih besar lagi, karena habis oleh pembajakan," lanjutnya.

"Akhirnya kita akan mati dan para pekerja akan terpuruk. Bayangin dalam setiap tahunnya hampir 1,5 Triliun kerugian ekonomis yang dialami industri kreatif Indonesia. Ini harus mulai jadi warning yang enggak bisa main-main lagi," tambah bintang film Tiga Nafas Likas itu.

Baca juga: Wiro Sableng Akan Dibuatkan Versi Animasi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.