Livi Zheng Belajar Bermain Gamelan untuk Bali: Beats of Paradise

Kompas.com - 21/08/2018, 13:29 WIB
Sutradara asal Indonesia yang kini berkiprah di Hollywood, Livi Zheng. Dokumentasi Livi ZhengSutradara asal Indonesia yang kini berkiprah di Hollywood, Livi Zheng.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara muda Indonesia yang berkiprah di Hollywood, Livi Zheng, tak henti berupaya memasukkan unsur-unsur budaya Indonesia, termasuk musik gamelan, dalam film layar lebarnya.

“Musik gemelan sebenar­nya sudah dipakai menjadi musik latar di beberapa film Hollywood, seperti Avatar dan Star Trek, juga game nintendo Super Mario Bros. Nah, tapi kan kalau promo budaya, kan, enggak bisa sekali dua kali,” ucap Livi Zheng ketika berkunjung ke kantor Kompas.com, di Palmerah, Jakarta Pusat, Senin (20/8/2018).

Bahkan kini, Livi pun sedang belajar bermain musik gamelan. Menurut Livi, hal itu ia lakukan untuk keperluan proses shooting.

Seperti diketahui, sutradara asal Blitar ini baru saja selesai menggarap film Bali: Beats of Paradise yang berkisah tentang musik gamelan.

Baca juga: Di Jakarta, Livi Zheng Terima Penghargaan dari Kemenpora

Dalam film tersebut, Livi menampilkan permainan gitar I Wayan Balawan yang dikenal dengan double neck gitarnya.

“Di film aku juga berkolaborasi sama artis pemenang Grammy, Judith Hill, serta editor film dan musik Norman Hollyn,” kata Livi.

Livi menambahkan, dirinya baru saja melakukan proses shooting video gamelan bersama Judith Hill untuk keperluan promo.

Menurut Livi, memadukan musik gamelan dengan musik barat punya kesulitan tersendiri. Perbedaan pakem nada menjadi salah satu alasannya.

“Wah lama itu, wah susah banget, gamelan itu kan lima nadanya, musik barat kan tujuh, jadi kedengerannya enggak pas, jadi kita mesti sesuain, mesti gabungin dan nyatuin. Kita edit satu-satu, baru jadi musik,” kata sutradara berusia 29 tahun ini.

Film Bali: Beats of Paradise rencananya akan mulai tayang pada November 2018.

Baca juga: Sebelum Shooting, Livi Zheng dan Tim Juga Berlatih Tari Poco-poco

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X