Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saya AKB48 Terpukau Antusiasme Penggemar Idol Group di Indonesia

Kompas.com - 10/09/2018, 14:19 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Salah satu member AKB48, Saya Kawamoto, terpukau akan antusiasme penggemar 48 Family di Indonesia yang ia sebut berbeda dengan di Jepang.

Hal itu ia rasakan saat tampil selama dua hari di JAK-Japan Matsuri di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, dari 8 hingga 9 September 2018.

"Sambutannya sama-sama meriah, tapi yang berbeda adalah ketika AKB48 bernyanyi dengan bahasa Jepang, penggemar di Indonesia ikut bernyanyi," ujar Kawamoto dalam bahasa Jepang yang kemudian diterjemahkan oleh penerjemah saat ditemui di belakang panggung, Minggu (9/9/2018) malam.

Dara berusia 20 itu menambahkan, kegairahan semacam itu belum pernah ia temukan saat AKB48 tampil di Jepang. Kawamoto senang mendapatkan apresiasi dari penggemar 48 Family di Indonesia.

Baca juga: Dari AKB48 ke JKT48, Saya Kawamoto Belajar Bahasa Indonesia

"Itu tidak kami temukan di Jepang. Di sini ketika kami membawakan 'River', semua orang dengan ceria membawakan lagu dari AKB48 itu," ucap Kawamoto.

Selain itu, yang membuatnya semakin bahagia adalah ia menemukan beberapa penonton yang membawa bendera bertuliskan angka 20.

Kawamoto menganggapnya sebagai ucapan ulang tahun, karena ia baru saja berulang tahun pada 31 Agustus 2018.

"Saya baru menginjak umur 20 tahun dan beberapa fans di Indonesia membawa logo yang bertuliskan angka 20 yang menunjukkan umurku," kata Kawamoto.

Baca juga: JKT48 dan AKB48 Beri Pengumuman Penting di JAK-Japan Matsuri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com