Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari AKB48 ke JKT48, Saya Kawamoto Belajar Bahasa Indonesia

Kompas.com - 10/09/2018, 09:32 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Ati Kamil

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Saya Kawamoto (20), salah satu member dalam idol group AKB48, akan bertukar posisi dengan Stepahnie Pricilla (17) atau Stefi dari idol group JKT48 pada 15 September 2018.

Kawamoto, yang berasal dari lahir di Hokkaido, Jepang, mengaku bahwa ia sudah membekali diri dengan belajar berbahasa Indonesia sebelum nantinya bergabung dengan JKT48 selama satu bulan.

"Sebelumnya saya belajar kata-kata dalam bahasa Indonesia kemudian bertanya kepada staf dari JKT48," cerita Kawamoto dalam bahasa Jepang, yang kemudian diterjemahkan ke bahasa Indonesia, dalam wawancara di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (9/9/2018) malam.

"Seperti yang sudah saya ucapkan, misalnya, salam kenal dan kata-kata yang biasa diucapkan sehari-hari, saya belajar dari hal-hal seperti itu," sambungnya.

Baca juga: JKT48 dan AKB48 Kembali Berkolaborasi di Panggung

Namun, menurut Kawamoto, perbendaharaan kata bahasa Indonesia yang dikuasainya masih sedikit. Ia belum memiliki banyak waktu untuk belajar secara rutin sebelum nantinya bertolak ke Jakarta.

Saya Kawamoto baru belajar dari lirik dalam bahasa Indonesia pada beberapa lagu JKT48.

"Saya belajar bahasa Indonesia belum banyak. Saya belajar dari, misalnya, perkenalan dan beberapa lagu JKT48. Saya menghafal sedikit-sedikit dalam bahasa Indonesia," ucapnya.

Baca juga: JKT48 dan AKB48 Beri Pengumuman Penting di JAK-Japan Matsuri

Waktunya selama sebulan bersama JKT48 nanti akan ia manfaatkan untuk belajar bahasa Indonesia lebih lanjut.

"Saya pengin lebih mengenal bahasa Indonesia. Selain itu, ada perbedaan budaya Jepang dari budaya Indonesia, membuat saya ingin lebih tahu tentang budaya Indonesia," ujarnya.

"Kemudian, keinginan saya selama di Indonesia adalah bersama para member JKT48 tampil di teater (tempat kegiatan JKT48)," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com