Kekhawatiran Saya AKB48 Jelang Pindah ke Jakarta

Kompas.com - 12/09/2018, 08:08 WIB
Personil JKT48 Stephanie Pricilla (kanan) dan personil AKB48 Saya Kawamoto berpose usai menghibur para penonton di acara Jak Japan Matsuri di Plaza Tenggara, Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Minggu (9/9/2018). Stephanie dan Saya akan mengikuti program pertukaran pelajar antara JKT48 dan AKB48 selama 1 bulan. KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELIPersonil JKT48 Stephanie Pricilla (kanan) dan personil AKB48 Saya Kawamoto berpose usai menghibur para penonton di acara Jak Japan Matsuri di Plaza Tenggara, Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Minggu (9/9/2018). Stephanie dan Saya akan mengikuti program pertukaran pelajar antara JKT48 dan AKB48 selama 1 bulan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Member grup idola dari Jepang AKB48, Saya Kawamoto, akan pindah sementara ke Jakarta untuk program pertukaran member dengan JKT48.

Namun jelang kepindahannya pada 15 September nanti sampai sebulan ke depan, Kawamoto mengaku merasa khawatir. 

"Saya masih setengah-setengah antara takut karena tidak mengerti bahasa Indonesia. Saya khawatir karena di Indonesia akan cukup lama, tapi hanya bisa bahasa Jepang saja," kata Saya di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Di sisi lain Kawamoto juga merasa semangat karena ia akan mencoba hal-hal baru. Bertemu dengan teman-teman baru di JKT48 dan belajar kebudayaan Indonesia.

"Setelah tampil di panggung, ketemu fans-nya JKT48 yang memberikan semangat buat saya, jadi saya sedikit menjadi lega he he he," kata Kawamoto.

"Selain itu, dengan melihat member JKT48 yang keceriaannya melebihi member AKB48 membuat saya menjadi ingin dekat dengan para member dan itu sedikit banyak membuat rasa khawatir saya hilang," imbuhnya.

Ia juga semakin tertarik untuk mempelajari bahasa Indonesia. Saat ini, dara berusia 20 tahun itu sudah menghafal sekitar dua atau tiga lagu JKT48 yang memiliki lirik bahasa Indonesia.

"Saya ingin lebih mengerti tentang bahasa indonesia. Kalau kedepannya apakah akan seperti Haruka (eks member JKT48 dari Jepang), saya juga belum tahu. Yang pasti ingin lebih tahu dulu kebudayaan Indonesia," ujar Kawamoto.

Baca juga: Saya AKB48 Terpukau Antusiasme Penggemar Idol Group di Indonesia



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X