Pentingnya Bisa Berbahasa Ingris bagi Tompi

Kompas.com - 02/10/2018, 21:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Tompi mengatakan, sangat penting bagi seorang musisi untuk bisa berbahasa Inggris. Tertutama untuk membangun relasi dengan musisi dari negara lain.

"Penting banget sih, saya beberapa kali bekerja sama musisi luar, ya pada akhirnya jadi salah satu kesulitan kalau enggak bisa," kata Tompi saat jumpa pers peluncuran English For Indonesia di Kedutaan Besar Inggris, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (2/10/18).

Tompi menceritakan pengalamannya, saat berkolaborasi dengan musisi dari negara lain ketika kemampuan bahasa Inggrisnya masih minim.

"Saya ingat tahun 2002 atau 2003 itu pertama kali saya rekaman multi nasional project waktu itu, ada beberapa teman dr Prancis, Malaysia, Amerika, kita bikin proyek bareng, lagunya bahasa Inggris, saya yang nyanyiin," tutur Tompi.

Baca juga: Tompi dan Putrinya Persembahkan Lagu untuk Asian Para Games 2018

Karena belum begitu fasih, akhirnya Tompi didampingi seseorang untuk mengoreksi pelafalannya saat menyanyikan lagu berbahasa Inggris.

"Proses take-nya cepet, yang lama cuma benerin bahasanya doang. Jadi ada sampai satu orang nungguin di ruang take cuma buat ngebenerin, 'Nih si Tompi ngomong apa sih?" Liriknya bahasa Inggris. Waktu itu PR banget buat saya," ujar pelantun "Sedari Dulu" itu.

Tompi diketahui menjadi salah satu artis yang mendukung gerakan English For Indonesia.

Sebuah program kerjasama British Council Indonesia dan Kedutaan Besar Inggris berbentuk situs web, yang memberikan sumber belajar dan mengajar bahasa Inggris bebas biaya yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Selain Tompi, deretan artis yang turut mendukung program ini adalah Glenn Fredly, Maudy Ayunda, Reza Rahadian, dan Titi Kamal.

Baca juga: Garap Video Asian Para Games 2018, Tompi Menitikkan Air Mata

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.