Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Karya Sutradara Indonesia, Livi Zheng, Masuk Seleksi Oscar 2019

Kompas.com - 28/10/2018, 09:21 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Film dokumenter berjudul Bali: Beats of Paradise karya sutradara Indonesia, Livi Zheng, terpilih untuk berkompetisi dalam seleksi nominasi Academy Awards atau Piala Oscar 2019.

Film tersebut baru saja masuk daftar bersama 76 film yang dianggap telah memenuhi syarat menuju nominasi Best Documentary Feature, seperti dikutip dari The Wrap.

Bali: Beats of Paradise bakal bersaing dengan film-film dokumenter seperti "Won’t You Be My Neighbor?”, “Three Identical Strangers", "The Bleeding Edge", “Crime + Punishment", “Free Solo", “Hal”, dan “The King.”

Sutradara asal Indonesia yang kini berkiprah di Hollywood, Livi Zheng, berpose di Gedung Menara Kompas, Senin (20/8/2018). sutradara asal Blitar ini baru saja selesai menggarap film Bali: Beats of Paradise yang berkisah tentang musik gamelan.KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES Sutradara asal Indonesia yang kini berkiprah di Hollywood, Livi Zheng, berpose di Gedung Menara Kompas, Senin (20/8/2018). sutradara asal Blitar ini baru saja selesai menggarap film Bali: Beats of Paradise yang berkisah tentang musik gamelan.
Ada pula “Fahrenheit 11/9”, “Hale County This Morning, This Evening", “Jane Fonda in Five Acts", “Scotty and the Secret History of Hollywood”, serta “Tea With the Dames".

Untuk sementara, total ada 160 film dokumenter yang akan berkompetisi. Daftar film-film dokumenter yang memenuhi syarat tersebut belum final. Pihak Academy Awards akan mengumumkan batch atau kelompok film terakhir pada awal November.

Dengan kata lain, tahun ini para voter atau pemilih punya banyak pekerjaan yang harus dilakukan sebelum mereka mengerucutkan ratusan film itu menjadi 15 film dokumenter pada awal Desember 2018.

Para pemilih nantinya ditugasi untuk menonton film-film yang lolos kualifikasi tersebut secara streaming di situs web anggota yang aman milik Academy.

Tak hanya masuk daftar seleksi Oscar 2019, Bali: Beats of Paradise akan menggelar pemutaran perdana atau premiere di Academy of Motion Picture Arts and Sciences/Oscar Headquarter, Beverly Hills, Amerika Serikat, pada 7 November mendatang.

Film ini menampilkan musik gamelan yang dimainkan oleh Nyoman Wenten serta permainan gitar I Wayan Balawan.

Dalam film ini tampak pula Judith Hill, pemusik asal Amerika yang pernah berkolaborasi dengan beberapa musisi internasional seperti Michael Jackson dan Stevie Wonder.

Diceritakan, Judith Hill tertarik untuk mempelajari musik gamelan yang memiliki karakter khas.

Film tersebut direncanakan mulai tayang di bioskop-bioskop Amerika pada 16 November mendatang.

Baca juga: Film Bali: Beats of Paradise Siap Tayang Perdana di Amerika

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com