Bagi Ramon Y Tungka, Papua Bagai Rumah Kedua

Kompas.com - 06/11/2018, 15:16 WIB
Ramon Y Tungka ditemui di toko Eiger Adventure, Bandung, Senin (5/11/2018) malam. KOMPAS.com/RENI SUSANTIRamon Y Tungka ditemui di toko Eiger Adventure, Bandung, Senin (5/11/2018) malam.

BANDUNG, KOMPAS.com -- Ramon Y Tungka (34) mengaku sangat mencintai Papua. Baginya, Papua bagai rumah kedua.

"Enggak pernah kelar untuk ekspedisi Papua. (Ke Papua) udah kaya Jakarta-Bandung,” ujar pemilik nama lengkap Ramon Yusuf Tungka kepada Kompas.com di toko Eiger Adventure, Bandung, Senin (5/11/2018) malam.

Saking sering ke Papua, pemeran Mahesa dalam film Labuan Hati ini sampai lupa sudah berapa kali ke Papua. Di sana, ia biasa menghabiskan waktu tujuh sampai 10 hari.

"Masa jauh-jauh ke sana tiga hari doang," ujar pria yang lahir di Surabaya pada 2 Juni 1984 ini.

Baca juga: Ramon Y Tungka Rela Lepas Tawaran Syuting Film demi Hobi

Namun, ia pernah ke Papua tiga hari saja, kemudian balik ke Jakarta, dan minggu depannya kembali ke Papua.

Pemeran Tommy dalam film Toba Dreams ini mengaku bahwa hal pertama yang membuat jatuh hati adalah pemandangan terbuka Papua. Begitu berinteraksi dengan Papua, ia makin jatuh cinta.

"Orang-orangnya, budayanya, ketulusan orang-orangnya sangat membuat saya jatuh cinta kepada Papua," tuturnya.

Baca juga: Ramon Y Tungka dan David J Schaap Sehari Jadi Wiraniaga dan Office Boy

Meski ia sering bolak-balik Papua-Jakarta, masih banyak titik yang belum dikunjunginya, saking luasnya Papua. Salah satu titik yang ingin dituju olehnya adalah Carstensz Pyramid.

"Tahun ini akan ekspedisi panjang ke Carstensz Papua, Gunung Elbrus di Rusia, dan Greenland, Eropa," ucapnya.

Baca juga: Ramon Y Tungka Bidik Pulau Buru

Menurut Ramon Y Tungka, Medan Carstensz Pyramid terbilang sulit. Oleh karena itu ia melakukan berbagai persiapan, baik fisik, mental, maupun finansial.

"Ekspedisi saya tahun ini salah satunya ke Afrika, merupakan latihan untuk ekspedisi saya tahun depan. Ekspedisi saya sekarang adalah buah dari latihan saya tahun kemarin," ujar duda dengan satu anak ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X