Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mondo Gascaro Rilis Album Original Motion Picture Soundtrack Kucumbu Tubuh Indahku

Kompas.com - 03/12/2018, 15:08 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucumbu Tubuh Indahku (Memories Of My Body) merupakan karya film terbaru dari maestro Garin Nugroho yang mengisahkan kehidupan seorang penari tradisional lengger.

Kucumbu Tubuh Indahku terinspirasi kisah hidup Rianto, mantan penari lengger yang sekarang menjadi penari kaliber internasional dan menetap di Tokyo.

Film yang baru saja meraih penghargaan sebagai film terbaik di tiga Continent Film Festival di Nantes, Perancis ini telah diputar di berbagai festival film Internasional sejak Agustus lalu, antara lain Le Bienalle Venice Film Festival, Busan International Film Festival, Adeleide Film Festival, Singapore International Film Festival.

Bertepatan dengan pemutaran pertama film ini di Tanah Air pada 3 Desember 2018 di Jogja-NETPAC Film Festival, musik dan lagu-lagu dalam film ini juga dirilis dalam sebuah album Original Motion Picture Soundtrack - Kucumbu Tubuh Indahku (Memories of My Body) oleh Ivy League Music bekerjasama dengan Signature Music Indonesia.

Baca juga: Piringan Hitam Album Rajakelana Mondo Gascaro Akan Rilis di Jepang

"Album ini berisikan music scores excerpts serta lagu-lagu dalam film yang digarap oleh Mondo Gascaro. Sebagian besar lagu-lagu dalam film ini merupakan remake lagu-lagu Indonesia lama. Antara lain 'Hanya Semalam' dan 'Rindu Lukisan' karya Ismail Marzuki, serta 'Apatis' yang pernah dipopulerkan oleh Benny Subardja di tahun 70-an," tulis Ivy League Music dalam email yang diterima Kompas.com, Senin (3/12/2018).

Dalam film, lagu-lagu tersebut dinyanyikan ulang oleh Endah Laras, Danilla, dan Mondo Gascaro. Nama terakhir menjelaskan awal keterlibatannya dalam album ini.

"Pertama kali Mas Garin menceritakan tentang film ini dan konsep musik yang dibayangkan, Beliau bilang ingin menggunakan lagu dan musik sebagai penanda Zaman yang membuka ruang memori dan sejarah kita," ungkap Mondo.

Selain lagu-lagu daur ulang ini, Mondo juga membuat satu lagu baru yang berjudul "Dari Seberang". Lagu ini ditulis oleh Mondo bersama Garin Nugroho dalam penulisan liriknya.

"Karya-karya Mondo selalu mengandung dua aspek, yakni memori pada Indonesia lama dan hari ini. Maka sangat tepat untuk film ini. Pada sisi lain, karya Mondo juga mengedepankan kesederhanaan dan kemampuan mengelola perasaan atas pilihan aransmen nya," ujar Garin.

Album ini menjadi satu-satu nya album soundtrack dari karya film sutradara Garin Nugroho. Kucumbu Tubuh Indahku (Memories of My Body) bisa dinikmati di layanan streaming mulai tanggal 30 November 2018, serta dalam format CD pada 3 Desember 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com