Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minzy Eks 2NE1: Dunia Idola Tak Sepenting Hidupmu sebagai Manusia

Kompas.com - 19/12/2018, 16:44 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Editor

Sumber Billboard

KOMPAS.com -- Mantan member 2NE1, Minzy, memberi pesan penting kepada para idola K-pop agar terhindar dari depresi karena tekanan industri hiburan. Terutama bagi idola pemula.

"Aku ingin para bintang muda dan pemula tahu bahwa kesuksesan di dunia idola tidak sepenting dengan apa yang kamu butuhkan untuk hidup sebagai manusia," kata Minzy.

Penyanyi bernama lahir Gong Minji ini pernah mengalami depresi saat usia 16 tahun hingga berpikir untuk bunuh diri.

Ia tak tahan menghadapi beban kesuksesan, tuntutan menjadi idola, kritik publik, dan tekanan dari agensi pada usia belia.

Beruntung ia berhasil melewati saat-saat suram itu karena dorongan teman dan keyakinannya pada Tuhan.

Minzy berharap pengakuannya tentang pengalaman depresinya dapat membuat perbedaan untuk industri K-pop pada masa mendatang.

"Saya ingin berbagi cinta yang saya rasakan dari iman saya dan dari musik saya untuk memberi tahu orang-orang bahwa mereka juga dicintai dan ada cinta untuk mereka," kata Minzy.

Berangkat dari pengalamannya itu, Minzy ingin memberikan konseling kesehatan mental gratis dan dukungan bagi mereka yang berurusan dengan isu-isu serupa dalam turnya mendatang.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Demi Lovato saat menggelar tur Tell Me You Love Me. 

"Saya ingin membantu orang-orang yang berjuang (melawan depresi) sebagai orang yang pernah mengalami itu, mengatasinya, dan mengambil alih pikiran dan hatiku," kata Minzy. 

Setelah semua yang ia alami dan berani terbuka tentang masa lalunya bergelut dengan kesehatan mental, kini Minzy menjadi pribadi yang baru.

Minzy mengatakan bahwa jalannya semakin jelas dan ia kaya akan pengalaman yang telah membantunya tumbuh sebagai seniman, advokat, dan seorang perempuan.

Baca juga: Minzy Terpanggil Beberkan Depresinya karena Mendiang Jonghyun SHINee

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com