Komikus Ario Anindito, Penggambar Macan Cisewu di Punggung Deadpool

Kompas.com - 31/12/2018, 15:23 WIB
Editor Ati Kamil

KOMPAS.com -- Komikus asal Bandung Ario Anindito saat ini bekerja untuk perusahaan komik raksasa Marvel Comics.

Sejumlah kali ia menyisipkan gambar-gambar lucu bertema Indonesia ke dalam karyanya, termasuk gambar Macan Cisewu di punggung Deadpool, salah satu karakter terkenal komik Marvel.

Namun, apakah hal ini diperbolehkan oleh Marvel?

Para penggemar komik Marvel terkesima ketika beberapa waktu lalu melihat gambar Macan Cisewu di punggung Deadpool.

Pertanyaannya, apakah ini merupakan keputusan perusahaan komik raksasa tersebut untuk memasukkan unsur budaya lain ke dalam komiknya?

VOA Indonesia lalu menghubungi komikus penggambar macan yang pernah viral karena wajah lucunya yang tampak selalu tertawa itu.

"It's a form of having fun in making comics," kata Ario, yang kini menjadi satu dari kurang lebih empat orang komikus Indonesia yang aktif bekerja untuk Marvel.

Menurut ia, sisipan-sisipan usil seperti itu diperbolehkan selama berkaitan dengan humor. Ia pun sejumlah kali melakukan hal tersebut.

"Atau bercanda, atau yang lucu, atau yang kreatif, tapi tidak yang berbau politik atau SARA gitu ya, karena it's all about having fun," ucapnya.

Mungkin Anda masih ingat ketika seorang komikus lain dari Indonesia menyisipkan gambar-gambar kontroversial yang berhubungan dengan kasus-kasus politik dan SARA di Indonesia.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.