Sebuah Program Televisi Yunani Picu Amarah Fans BTS, EXO, dan Wanna One

Kompas.com - 06/01/2019, 08:45 WIB
100 Most Handsome Faces YouTube/TC Candler100 Most Handsome Faces

KOMPAS.com - Baru-baru ini tiga fandom besar K-pop marah kepada program televisi Yunani karena dinilai menghina Jungkook dan Kim Taehyung (V) "BTS", Sehun "EXO", dan Kang Daniel "Wanna One".

Program televisi Yunani itu mendapat dikecam atas komentar mereka yang tidak sopan terhadap para member boyband tersebut.

Pada 4 Januari, acara televisi Yunani yang bernama Eutixeite itu membahas daftar 100 Most Handsome Faces of 2018 atau 100 Wajah Tertampan 2018.

Ketika melihat foto-foto member BTS, EXO, dan member Wanna One, pembawa acara program tersebut, Katerina Kainourgiou, dan bintang tamunya membuat beberapa komentar pribadi.

"Apakah dia laki-laki?" kata salah satu dari mereka.

"Aku tidak percaya ada wanita yang memilihnya menjadi nomor lima. Ayolah!" kata yang lainnya memberi penilaian.

Komentar senada juga ditujukan kepada Sehun, Kang Daniel, dan Jungkook. Mereka membandingkan penampilan fisik idola-idola K-pop itu dengan aktor Idris Elba.

Setelah menonton segmen, warganet dan penggemar di seluruh dunia geram. Mereka merasa bahwa pembawa acara itu menunjukkan tanda-tanda rasisme dan xenophobia karena menyinggung soal asal negara serta ras.

Selain itu, warganet dan penggemar juga menilai komentar dalam program televisi itu berisi prasangka tentang citra gender dan kecantikan yang obyektif.

Sebagai informasi, menurut Wikipedia, xenophobia adalah ketidaksukaan atau ketakutan terhadap orang-orang dari negara lain atau yang dianggap asing.

Baca juga: Jungkook BTS Tempati Posisi ke-2 dalam Daftar 100 Pria Tertampan 2018

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Allkpop
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.