Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cathy Sharon Tahu dari WhatsApp Fotonya Dicatut untuk Katalog Prostitusi Online

Kompas.com - 10/01/2019, 20:46 WIB
Andika Aditia,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presenter dan artis peran Cathy Sharon terkejut ketika pertama kali mendapati dirinya dicatut untuk katalog prostitusi online.

Cathy mengatakan, ia pertama kali mengetahui hal tersebut dari pesan instan yang dikirimkan oleh seseorang pada Selasa (8/1/2019).

"Kalau dari saya (pertama kali) tahu lewat (pesan di) WhatsApp, ada yang menghubungi saya mengirimkan foto dan link (katalog prostitusi online). Saya kaget dan sekaligus sedih melihat ada seperti itu," ucap Cathy saat ditemui usai membuat laporan terhadap pihak yang telah mencatut dirinya ke dalam katalog prostitusi online di Polda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Kamis (10/1/2019).

Lantaran hal itu, Cathy khawatir akan anggapan orang banyak terhadap dirinya yang sudah terlanjur mempercayai informasi yang tak bisa dipertanggungjawabkan tersebut.

Baca juga: Cathy Sharon Bantah Foto dalam Katalog Prostitusi Online adalah Dirinya

"Saya memikir asumsi publik yang tidak mengenal saya malah menduga-duga hal-hal yang tidak baik mengenai saya. Oleh sebab itu saya keberatan dan saya menghubungi (kuasa hukum) Sandy (Arifin)," ucap Cathy.

Selain itu, Cathy mengatakan bahwa pencatutan namanya dalam katalog prostitusi online telah mengganggu kehidupan pribadinya, apalagi pihak keluarga dan kerabatnya banyak yang bertanya kepadanya.

"Jadi saya keberatan dengan informasi (palsu yang) tersebar. Mengganggu kehidupan sosial saya," ucap Cathy.

"Selain itu saya melihat sekarang kita lagi memerangi hoax, jadi saya ingin berbicara juga dan ingin melaporkan supaya kita lebih waspada dengan yang namanya hoax," sambungnya.

Cathy sendiri telah melaporkan pencatutan dirinya itu ke Polda Metro Jaya didampingi oleh kuasa hukumnya Sandy Arifin.

Dalam surat laporan yang tertera dengan nomor LP/180/I/2019/PMJ/Dit.Reskrimsus, Cathy menuntut oknum yang telah menyebarkan foto palsunya dengan pasal tentang ITE dan pornografi.

Baca juga: Cathy Sharon: Saya Menjaga Jejak Digital Diri Sendiri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com