PADI Reborn Main Mata di Panggung Love Festival Vol 3

Kompas.com - 09/02/2019, 10:58 WIB
Penampilan Padi Reborn saat acara Love Festival Vol 3 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (8/2/2019). Dalam acara ini sejumlah grup band papan atas juga turut meramaikan diantaranya Gigi, Element, Nidji dan lain-lain KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELIPenampilan Padi Reborn saat acara Love Festival Vol 3 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (8/2/2019). Dalam acara ini sejumlah grup band papan atas juga turut meramaikan diantaranya Gigi, Element, Nidji dan lain-lain


JAKARTA, KOMPAS.com - Grup band PADI Reborn tampil berbeda ketika manggung di Love Festival Vol 3 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (8/2/2019). Mereka bermain unplugged dengan sentuhan string orchestra dan permainan harpa.

Para personel PADI Reborn yang terdiri dari Fadly (vokal), Piyu (gitar), Ari (gitar), Rindra (bas), dan Yoyo (drum), mengakui bahwa bermain musik dengan format seperti ini bukanlah pekerjaan mudah.

"Kalau saya deg-degan, karena bikin akustik itu banyak nahan, kita bicara dinamika keras lembut, banyak aransemen yang kami hafalkan," kata Fadly saat berbincang di belakang panggung Love Festival Vol 3.

"Exciting sebenarnya, karena banyak kord-kord yang miring," timpal Piyu lalu tertawa.

Baca juga: Love Festival Vol 3 Bakal Jadi Penampilan Terakhir Yovie Widianto Bersama Yovie & Nuno

Bermusik di luar zona nyaman tentu memiliki risiko melakukan kesalahan memainkan kord-kord miring seperti yang Piyu sebutkan.

Namun, musisi Denny Chasmala yang bertindak sebagai konduktor yang mengawal permainan musik PADI Reborn tahu cara meminimalisir kesalahan itu. Kata dia, "main mata" adalah solusinya.

"Kalau kita ngomonggin musik, musik itu sebenarnya experience. Jadi benar atau salah hanya kami yang tahu, benar atau salah kami satu sama lain langsung saling mengisi," ujar Denny.

"Jadi di panggung posisi kami kayak huruf 'C'. Yang biasanya Yoyo di belakang, dia kami taruh di depan biar dia bisa lihat yang lain juga, otomatis kalau main unplugged dinamika itu harus kita jaga. Otomatis kalau Yoyo mainnya (tempo) naik, kami juga naik. Itu fungsinya kami main mata ke mata," lanjutnya.

Baca juga: Badai, Sammy Simorangkir, dan Kerispatih Kenang Mendiang Andika di Panggung Love Festival

PADI Reborn membuka penampilan mereka dengan lagu-lagu "Sang Penghibur" dan "Begitu Indah" dengan aransemen orisinal. Namun, begitu membawakan lagu "Mahadewi", Piyu cs mulai mengubah gaya bermusik mereka dari full band menjadi unplugged dengan sentuhan string orchestra dari chamber yang dipimpin Denny sebagai konduktornya.

Penonton semakin larut ketika lagu-lagu "Ternyata Cinta", "Bayangkanlah", "Harmoni" disajikan lagi-lagi dengan format musik unplugged. Bahkan suasana menjadi kian intim ketika lagu "Love of My Life" dari grup band legendaris Queen dimainkan secara instrumental.

Pertunjukan ini dituntaskan PADI Reborn dengan lagu pamungkas mereka, "Sobat".



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X