Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petinggi Academy Awards Jawab Surat Protes Puluhan Sineas Hollywood

Kompas.com - 16/02/2019, 19:05 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Editor

Sumber Variety

KOMPAS.com - Para petinggi Academy of Motion Picture Arts and Sciences’ memberi jawaban atas surat terbuka dari para sineas Hollywood yang memprotes keputusan untuk tidak menyiarkan empat kategori penghargaan Oscar 2019.

Keempat kategori itu adalah best cinematography, best editing, best hair & makeup, dan best live action short.

"Kami ingin meyakinkan kalian bahwa tidak ada kategori penghargaan dalam Oscar ke-91 yang akan disajikan dengan cara lebih rendah dari dari nomine (kategori) yang lain," bunyi surat itu yang dikeluarkan baru-baru ini.

Namun, karena pemberitaan yang kurang akurat dan postingan media sosial, telah ada rantai informasi yang salah dimengerti dan mengecewakan banyak anggota Academy. Kami ingin menegaskan kembali dan menjelaskan rencana penyajian penghargaan, sebagaimana disetujui oleh petinggi Academy," tambah surat tersebut.

Baca juga: Brad Pitt dan Puluhan Sineas Hollywood Layangkan Surat Protes ke Academy Awards

Pihak Academy lalu menjelaskan bahwa seluruh kategori penghargaan yang berjumlah 24 kategori disajikan di atas panggung Teater Dolby dan termasuk dalam siaran televisi.

Empat kategori (Cinematography, Film Editing, Makeup and Hairstyling, dan Live Action Short) tadi pemenangnya diumumkan oleh para pembaca nominasi dan akan dimasukkan kemudian dalam siaran. Waktu yang dihabiskan berjalan ke panggung akan diedit.

Pidato kemenangan dari empat pemenang kategori tersebut juga bakal disematkan ke dalam siaran.

Pada tahun-tahun mendatang, empat hingga enam kategori yang berbeda bakal dipilih untuk dirotasi. Tahun depan, empat kategori tadi tak akan masuk lagi.

Surat itu ditandatangani oleh presiden John Bailey, wakil presiden Lois Burwell, Sid Ganis dan Larry Karaszewski, Nancy Utley, bendahara Jim Gianopulos, dan sekretaris David Rubin.

Oscar ke-91 akan diselenggarakan pada 24 Februari 2019.

Baca juga: Format Baru, Oscar 2019 Dihelat Tanpa Host

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Variety
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com