Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsons dan Sabrina dari Filipina Berkolaborasi dalam "Stay As You Are"

Kompas.com - 24/02/2019, 10:44 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Dua artis Asia Tenggara bekerja sama untuk kolaborasi yang tidak terduga, dan merilis komposisi karya mereka yang berjudul "Stay As You Are" pada Jumat (22/2/2019) lalu. Mereka adalah band Samsons dan Sabrina.

Sebagai informasi, band Samsons dari Indonesia dihuni Aria, Erik, Irfan, dan Aldri, mereka telah memiliki 93 juta views di Youtube. Sejak debut pada 2003 lalu, band ini memiliki 13 lagu hit dalam bahasa Indonesia dengan sentuhan musik orkestra yang berbeda.

Sementara Sabrina, dia adalah seniman asal Filipina dengan multi-penghargaan. Trofi terbarunya adalah "Best Acoustic Artist of the Year" versi Star Awards 2017 dan "Young Music Icon" di Top Asia Corporate Ball 2018 yang diadakan di Jakarta, Indonesia.

"Sabrina sekarang memiliki lebih dari 35 juta streams di Spotify. Dia memiliki beberapa konser yang tiketnya terjual habis di berbagai negara di Asia, di mana albumnya yang berjudul I Love Acoustic telah terjual lebih dari 300.000 copy, sehingga membuktikan ia layak mendapatkan gelar, 'Asia's Acoustic Sweetheart'," tulis MCA Music Inc Universal Music Group dalam siaran pers Sabtu (23/2/2019).

Baca juga: Cinta Mati, Sajian Musik Megah dari Samsons

Kolaborasi antara kedua bakat dari Asia ini diinisiasi oleh label rekaman mereka masing-masing, yakni Universal Music Indonesia dan MCA Music Inc (Universal Music Philippines), di mana kedua label ini berada di bawah Universal Music Group.

Sabrina mengaku senang ketika ia disodori proposal untuk berkolaborasi dengan Samsons.

"Saya sangat senang, karena sebagai artis solo rasanya selalu menyenangkan bisa bekerja sama dengan artis lain! Terutama karena Samsons adalah band, saya akan bekerja sama dengan empat orang yang cerdas dalam menciptakan musik yang dapat menyentuh hati orang," ujarnya.

Dikatakan Sabrina, komposisi aslinya dengan Samsons yang berjudul "Stay As You Are", merupakan lagu yang dapat menyentuh hati orang-orang, karena proses kreatifnya terinspirasi dari kisah nyata percintaan banyak orang yang berharap pasangan mereka tetap seperti apa adanya sama seperti ketika mereka bertemu dan jatuh cinta.

Ketika ditanya bagaimana rasanya bekerja dengan band, Sabrina ingat bagaimana mereka menghabiskan banyak waktu dan upaya untuk berkomunikasi satu sama lain melalui panggilan video meskipun jadwal mereka sibuk, untuk memastikan bahwa mereka bakal menelurkan lagu hasil kreasi sendiri.

Baca juga: Album Kelima Samsons seperti Seragam Putih Biru

"Itu adalah pengalaman yang sangat mencerahkan sebagai penulis lagu! Saya belajar seni kompromi secara artistik dan puitis. Saya menyukainya," ucapnya.

Samsons, di sisi lain mengatakan, "Dia (Sabrina) komunikatif dan menyenangkan untuk bekerja sama".

Kedua musisi itu sangat gembira karena lagu "Stay As You Are" sudah bisa dinikmati para pendengar musik. Sabrina menyebutkan bahwa karakter vokalnya bisa menyatu dengan musik Samsons.

Sabrina juga meyakinkan semua orang bahwa pendengat tidak akan menyimak sebuah lagu Samsons yang menampilkan Sabrina, atau sebaliknya.

"Yang akan didengar orang adalah Samsons dan Sabrina disatukan menjadi satu karya musik yang khusus dibuat untuk penggemar setia," kata Sabrina.

Demikian juga, band Samsons berharap bahwa kolaborasi ini akan menjadi instrumen dalam membawa orang Indonesia dan Filipina lebih dekat, seperti, dalam kata-kata mereka "Ketika musik berbicara, cinta datang".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com