Sutradara Muda Adi Putra Jadi Buah Bibir Media Internasional

Kompas.com - 24/02/2019, 13:17 WIB
Adi Putra WARTA KOTA/NUR ICHSANAdi Putra

JAKARTA, KOMPAS.com - Namanya memang masih asing di Indonesia, namun Adi Putra pernah berjalan di karpet merah Festival Film Internasional Cannes 2012 atau yang ke-65, di Palais des Festival, Cannes, Perancis. Ketika itu dua film Indonesia, Lewat Djam Malam karya klasik dari Ismail Marzuki, dan Adam karya Adi diputar di sana.

Setelah tujuh tahun berlalu, nama Adi semakin harum di dunia internasional berkat karya-karyanya. Tak jarang musisi dunia menggunakan jasanya untuk penggarapan video musik mereka.

Baca juga: 5 Penyebab Girlband Pendatang Baru ITZY Mampu Guncang Dunia K-pop

 

Mobby misalnya, musisi kenamaan asal AS ini pernah merekrut Adi untuk menggarap video musik lagu "A Case For Shame" yang diambil dari album Innocent.

Lagu yang merupakan kolaborasi Moby dengan Cold Specks ini merupakan debut album Moby yang mengambil lokasi di rumahnya di Los Angeles. Moby bertindak sebagai sutradara sementara Adi didaulat menjadi asisten sutradara.

"Teman saya Adi dan saya telah mengambil gambar secara acak selama Shooting. Lalu, teman saya Marcus Herring membuatnya menjadi psychedelic dan gila," tulis Moby seperti dilansir hai.grid.id.

Adi makin melesat jauh berkat proyeknya bersama vokalis band Maroon 5 Adam Levine untuk video komersil yang tayang di Nylon TV.

Di satu sisi, capaiannya sebagai fotografer surrealisme juga tak kalah mentereng. Situs web dan majalah fotografi di Eropa, AS, hingga Asia ramai memberitakannya.

Media-media tersebut antara lain adalah Dazed (Amerika Serikat), Art and Facts (Perancis), Langweiledich (German), Impure (Italia), Lamono Magazine (Spanyol) dan beberapa media ternama lainnya di Jepang, seperti lomography.com. Mereka memberitakan sosok pria kelahiran Jakarta 6 Oktober 1989 itu beserta hasil jepretannya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

bisou magique

A post shared by adi putra (@adipvtra) on Feb 3, 2016 at 1:26pm PST

Sementara di Malaysia, majalah fotografi Aperture menjadikan karya Adi sebagai foto utama untuk sampul edisi Desember 2017 lalu.

Tak hanya itu, Aperture edisi ini membahas lebih dalam karya-karya Adi hingga 10 halaman majalah. Redaksi bersangkutan memberi judul beritanya sebagai "Surreal dan Transcendental".

Baca juga: Pengalaman Tompi Jadi Fotografer Jokowi

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X