Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Film "Superhero" Warnai Pergelaran Piala Oscar

Kompas.com - 25/02/2019, 13:35 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ada yang berbeda dari penghargaan bergengsi untuk industri film Amerika Serikat, Academy Awards 2019. Pada pergelaran Piala Oscars ke-91 ini, dua film superhero muncul sebagai pemenang.

Selama ini, film superhero jarang memenangkan penghargaan bergengsi Academy Awards atau masuk nominasi.

Bahkan hal itu kerap menuai perdebatan. Sebab, film dengan genre sejarah, fiksi ilmiah, atau drama politik dinilai lebih dilirik oleh juri Piala Oscar.

Black Panther

Chadwick Boseman sebagai  Black Panther.YouTube Chadwick Boseman sebagai Black Panther.

Secara mengejutkan, film Black Panther masuk dalam sejumlah nominasi Piala Oscar 2019. Setidaknya, film yang rilis pada 14 Februari tahun lalu ini menjadi nominasi dari 6 kategori.

Kategori-kategori itu adalah Best Original Music Score, Best Costume Design, Best Production Design, Best Picture, Best Sound Mixing, dan Best Sound Editing.

Dari keenam kategori tersebut, film dengan pemeran utama Chadwick Boseman ini berhasil memenangkan tiga di antaranya. Black Panther menang dalam kategori Best Original Music Score, Best Costume Design, dan Best Production Design.

Di kategori Best Picture, meskipun tidak menyabet piala, Black Panther memecahkan rekor karena menjadi film superhero pertama yang masuk menjadi nominasinya.

Spider-Man: Into The Spider-Verse

Spider-Man: Into the Spider-VerseSony Pictures Animation Spider-Man: Into the Spider-Verse

Judul film superhero lain yang mendapatkan Oscars 2019 adalah Spider-Man: Into The Spider-Verse,  untuk kategori Film Animasi Terbaik.

Tiga tahun sebelumnya, secara berturut-turut pada 2016, 2017, dan 2018, kategori ini dimenangkan oleh film Inside Out, Zootopia, dan Coco.

Film Spider-Man ini mengalahkan 4 film dalam genre animasi, misalnya Incredibles 2, Isle of Dogs, Mirai, Ralph Breaks The Internet.

Kemenangan ini menambah angka capaian prestasi sekaligus pengakuan eksistensi  film superhero di ajang Piala Oscar.

Avengers: Infinity Wars

Para bintang yang akan tampil dalam film Avengers: Infinity Wars di panggung D23 Expo yang digelar di Anaheim, California, Sabtu (15/7/2017).D23 Press/Marvel Studios Para bintang yang akan tampil dalam film Avengers: Infinity Wars di panggung D23 Expo yang digelar di Anaheim, California, Sabtu (15/7/2017).

Satu film superhero lain yang berhasil muncul di Piala Oscar 2019 adalah Avengers: Infinity Wars. Film garapan Anthony Russo ini menjadi salah satu nominasi  untuk kategori Best Visual Effects.

Namun, Avengers tidak berhasil mendapatkan penghargaan dan kalah dari pesaingnya film First Man.

Oscars kali ini diselenggarakan di Dolby Theatre, Los Angles, California, Amerika Serikat, Senin (25/2/2019) pukul 08.00 pagi waktu Indonesia bagian barat.

Terdapat 23 piala yang diperebutkan ratusan seniman film Amerika yang masuk sebagai nominasinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com