Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produser Putuskan Hapus Episode Ikonik The Simpsons yang Hadirkan Michael Jackson

Kompas.com - 08/03/2019, 11:17 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Editor

Sumber Variety

KOMPAS.com - Salah satu episode ikonik seri animasi televisi, The Simpsons, berjudul "Stark Raving Dad" akan dihapus. Dalam episode yang tayang pada 19 September 1991 itu, mendiang Michael Jackson diketahui pernah menyumbangkan suaranya.

Namun, menyusul tuduhan serangan seksual oleh Jackson sebagaimana tercatat dalam film dokumenter HBO, Leaving Neverland, produser The Simpsons memutuskan untuk menarik episode tersebut dari peredaran.

"Ini satu-satunya pilihan yang bisa kami buat," kata produser eksekutif James L Brooks kepada Wall Street Journal, Kamis (7/3/2019).

Baca juga: Radio-radio di Kanada dan New Zealand Cekal Lagu Michael Jackson

Dia menmbahkan bahwa produser eksekutif lainnya dari The Simpsons, yakni Matt Groening dan Al Jean, sudah setuju dengan keputusan itu.

"Orang-orang yang bekerja dengan saya - di mana kami menghabiskan hidup kami berdebat tentang lelucon - satu pemikirian tentang ini," kata Brooks.

Dihubungi melalui email, Jean mengatakan kepada Variety bahwa dia setuju dengan Brooks dan tidak ada lagi yang bisa ditambahkan.

Dalam episode itu, mendiang Jackson mengisi suara karakter Leon Kompowsky yang bertemu Homer Simpson di sebuah institusi mental. Simpson lalu mengajak Leon--yang digambarkan sebagai seorang pria kulit putih besar yang mengaku sebagai Michael Jackson--ke rumahnya.

Baca juga: Dalam Leaving Neverland, Dua Pria Bercerita sebagai Korban Pelecehan Seksual Michael Jackson

Pada akhirnya, Leon membantu Bart Simpson merayakan ulang tahun kakaknya dengan menyanyikan salah satu lagu yang paling berkesan di acara itu, "Happy Birthday Lisa".

Namun, mendiang Jackson tidak benar-benar bernyanyi di situ. Kipp Lennon-lah yang menirukan suara Jackson pada semua lagu dalam episode tersebut.

“Ini adalah episode berharga. Ada banyak kenangan indah yang kami sertakan di dalamnya dan penghapusan ini tentu saja tidak memungkinkan mereka untuk tetap ada,” kata Brooks masih kepada Wall Street Journal.

Dia mengatakan menarik episode "Stark Raving Dad" akan memakan waktu karena episode itu sudah tayang dalam banyak platform, di antaranta layanan on-demand FXS "Simpsons World" dan penerbitan ulang dari set DVD-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com