Stand Up Comedy "Sabotase" Album Hip Hop Pandji Pragiwaksono

Kompas.com - 08/03/2019, 22:31 WIB
Pandji Pragiwaksono saat ditemui usai tampil dalam acara Konser Hari Musik Nasional 2019 bersama Motion Radio di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (8/3/2019). KOMPAS.com/IRA GITAPandji Pragiwaksono saat ditemui usai tampil dalam acara Konser Hari Musik Nasional 2019 bersama Motion Radio di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (8/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada November 2018, Pandji Pragiwaksono (39) merilis album hip hop bertajuk Pembalasan. Pandji mengungkap album itu seharusnya sudah dirilis pada 2014.

"Ini pengerjaannya lama banget. Harusnya rilis album 2014, baru keluar tahun kemarin karena 'tersabotase' karier stand up comedy," kata Pandji usai mengisi acara Konser Hari Musik Nasional 2019 bersama Motion Radio di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (8/3/2019).

Kegiatan komika terus berdatangan sampai-sampai pengerjaan album itu terus tertunda.

"Ada peluang untuk tur dunia, balik lagi mau ngerjain album tapi enggak keburu, 2016 tur stand up lagi, 2017 ngerjain (album) 2018 akhirnya keluar," sambungnya.

Pandji melibatkan sejumlah artis musik hip hop dalam pembuatan album Pembalasan, misalnya Igor Syakoji, Rayen Pono, dan Iwa K.

Menurut Pandji, lagu-lagu dalam album itu berisi hal-hal yang tidak bisa ia ekspresikan di panggung stand up comedy.

Baca juga: Pandji Pragiwaksono Balas Dendam Lewat Musik Hip Hop

"Ceritanya tuh cara gue mengekspresikan hal-hal yang enggak bisa diekspresikan lewat stand up komedi. Jadi ada banyak kemarahan, kesombongan, kesedihan," lanjutnya.

Sebelum lebih dikenal sebagai komika, Pandji adalah seorang artis musik hip hop. Pembalasan merupakan album kelimanya.

Baca juga: Saykoji hingga Pandji Pragiwaksono Rayakan Hari Musik Nasional Bersama Motion Radio

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X